ANALISIS SWOT DAN QSPM PADA PERENCANAAN STRATEGI BISNIS (Studi Kasus Pada Café Coffeedent Cilacap)

AZALIA, SARAH (2023) ANALISIS SWOT DAN QSPM PADA PERENCANAAN STRATEGI BISNIS (Studi Kasus Pada Café Coffeedent Cilacap). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of [FULL] Skripsi_Sarah Azalia.pdf] Text
[FULL] Skripsi_Sarah Azalia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of abstraksi.pdf] Text
abstraksi.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of halaman pengesahan.pdf] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (281kB)

Abstract

Sarah Azalia, Nomor Induk Mahasiswa 152180078 Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian “Analisis SWOT
dan QSPM Pada Perencanaan Strategi Bisnis (Studi Kasus Pada Café Coffeedent
Cilacap)”. Indro Herry Mulyanto selaku dosen pembimbing I (satu) dan Adi
Soeprapto selaku dosen pembimbing II (dua).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi Café Coffeedent pada
kuadran diagram SWOT serta merencanakan strategi bisnis yang tepat untuk Café
Coffeedent sehingga dapat bertahan dalam persaingan di industri kopi atau cafe.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan subjek analisis
Café Coffeedent. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh dari wawancara, kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Metode
penelitian ini menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Informan dalam penelitian
ini adalah pemilik, manajer dan karyawan Café Coffeedent.
Hasil analisis SWOT menyatakan bahwa Café Coffeedent berada pada
kuadran I atau di antara S-O (Strenght,Opportunities) pada matriks SWOT. Dapat
diartikan bahwa Café Coffeedent memiliki faktor internal yang kuat sehingga dapat
memanfaatkan peluang yang ada. Berdasarkan hasil evaluasi matriks QSPM, dari
ketiga strategi S-O yang memunculkan prioritas strategi yang paling tepat
digunakan bagi Café Coffeedent yaitu memanfaatkan konsep Café Coffeedent untuk
menarik minat masyarakat melalui penggunaan sosial media merupakan alternatif
strategi prioritas untuk Café Coffeedent dengan perolehan TAS sebesar 5,99.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat peneliti berikan yaitu dengan
memanfaatkan ruang yang ada untuk aktivitas publik sebagai sarana
mempromosikan café dan meningkatkan kualitas produk serta bahan baku namun
dengan harga yang masih terjangkau.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Matriks SWOT, Matriks QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Matriks SWOT, Matriks QSPM
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:30
Last Modified: 03 Jul 2023 08:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36276

Actions (login required)

View Item View Item