STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA USAHA BUSANA PENGANTIN MUSLIMAH UBUDIYAH DALAM MENARIK MINAT BELI AUDIENS

Nuranisa, Sinta Dias (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA USAHA BUSANA PENGANTIN MUSLIMAH UBUDIYAH DALAM MENARIK MINAT BELI AUDIENS. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of daftar isi SINTA DIAS NURANISA.pdf] Text
daftar isi SINTA DIAS NURANISA.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of DRAFT SKRIPSI SINTA DIAS NURANISA .pdf] Text
DRAFT SKRIPSI SINTA DIAS NURANISA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN .pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (239kB)

Abstract

Ubudiyah merupakan usaha busana khusus pengantin muslimah yang berada di
Yogyakarta. Merek ini dikenal sebagai busana pengantin yang memiliki desain anti
mainstream dan anti mubazir. Biasannya busana pengantin identik dipasarkan
dengan sistem sewa, namun berbeda dengan Ubudiyah yang memasarkan
produknya dengan menjual langsung pada customer. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran usaha busana pengantin
muslimah Ubudiyah dalam meningkatkan minat beli audiens. Penelitian ini
menggunakan teori perencanaan komunikasi. Metode penelitian ini adalah
deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi,
dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ubudiyah menciptakan
berbagai jenis konten media sosial khususnya Instagram untuk menarik minat beli
audiens, konten tersebut adalah konten BTS (Behind The Scene), konten produk try
on dan battle gown, serta konten promosi yaitu flash sale. Konten BTS (Behind The
Scene) merupakan konten hiburan yang menyajikan keseruan tim Ubudiyah ketika
melakukan photoshoot, namun fokus pada konten ini adalah visual model dan juga
gaun. Konten try on dan battle gown merupakan konten video jenis produk, pada
konten try on seorang talent akan memperlihatkan secara detail mengenai hasil
pemakain gaun Ubudiyah, sedangkan pada konten battle gown talent akan
membandingkan 2 gaun Ubudiyah yang memiliki kemiripan baik dari warna atau
series. Terakhir adalah konten promosi flash sale, yaitu konten promosi yang
disiarkan langsung menggunakan fitur Live Instagram dengan menawarkan
berbagai promosi menarik seperti preloved photoshoot, diskon, dan sebagainya.
Selain konten tersebut, Ubudiyah juga mengutamakan visual model dan tren media
sosial sebagai strategi komunikasi pemasarannya.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Teori Perencanaan Komunikasi,
Instagram

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Teori Perencanaan Komunikasi, Instagram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:41
Last Modified: 13 Jun 2023 02:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35886

Actions (login required)

View Item View Item