PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA BISNIS YANG DIMEDIASI OLEH KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) KERAJINAN BAMBU DI KABUPATEN BANTUL

SUKMAYANTI, WYNNE AGUSTIN (2023) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA BISNIS YANG DIMEDIASI OLEH KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) KERAJINAN BAMBU DI KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Abstrak ENG.pdf] Text
Abstrak ENG.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak ID.pdf] Text
Abstrak ID.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext REVISI_141180269_Wynne Agustin Sukmayanti.pdf] Text
Skripsi Fulltext REVISI_141180269_Wynne Agustin Sukmayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

viii
PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA
BISNIS YANG DIMEDIASI OLEH KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA
IKM KERAJINAN BAMBU DI KABUPATEN BANTUL
WYNNE AGUSTIN SUKMAYANTI
NIM: 141180269
E-mail: 141180269@student.upnyk.ac.id
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keunggulan kompetitif dalam
memediasi pengaruh orientasi pasar dan inovasi terhadap kinerja bisnis. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode
Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan bantuan software
SmartPLS 4.0. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha pada IKM
kerajinan bambu di Kabupaten Bantul. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan sensus, sebanyak 34 IKM Kerajinan Bambu di Bantul.
Data didapat dari penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan keunggulan
kompetitif mampu memediasi pengaruh orientasi pasar dan inovasi terhadap kinerja
bisnis. Pelaku usaha kerajinan Bambu diharapkan mampu mengoptimalkan
koordinasi antar lini pada pekerja dan mengoptimalkan inovasi pasar terkait
transaksi secara online agar produknya dikenal oleh pasar yang lebih luas, karena
transaksi online menjadi penting saat ini dalam perkembangan pelaku usaha agar
usahanya mampu bersaing dan terus tumbuh serta berdampak pada peningkatan
kinerja bisnis.
Kata Kunci: Orientasi Pasar, Inovasi, Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Bisnis

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Inovasi, Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Bisnis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 May 2023 07:15
Last Modified: 25 May 2023 07:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35653

Actions (login required)

View Item View Item