PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP CUSTOMER PERCEIVED VALUE, KEPUASAN PELANGGAN, DAN NIAT PEMBELIAN ULANG” (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta Pelanggan ShopeeFood)

HAYA, DIYENA SALMA (2023) PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP CUSTOMER PERCEIVED VALUE, KEPUASAN PELANGGAN, DAN NIAT PEMBELIAN ULANG” (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta Pelanggan ShopeeFood). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of 2. Cover Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf] Text
2. Cover Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf] Text
5. Daftar Isi_Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 3. Lembar Pengesahan Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf] Text
3. Lembar Pengesahan Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4. Abstrak_Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf] Text
4. Abstrak_Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 3. Lembar Pengesahan Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf] Text
3. Lembar Pengesahan Skripsi_Diyena Salma Haya_152180062.pdf

Download (124kB)

Abstract

ix
ABSTRAKSI
"Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik terhadap Customer Perceived
Value, Kepuasan Pelanggan, dan Niat Pembelian Ulang (Studi pada mahasiswa
Administrasi Bisnis FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta Angkatan 2018 – 2021 pada
Pelanggan ShopeeFood)," oleh Diyena Salma Haya (Nomor Induk Mahasiswa:
152180062), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan
Nasional "Veteran" Yogyakarta, 2023. Dosen Pembimbing I Dr. Humam Santoso
Utomo, S. Sos., M.AB dan Dosen Pembimbing II Dr. Ida Susi Dewanti, S.Sos.,
M.Si.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan
Elektronik terhadap Customer Perceived Value, Kepuasan Pelanggan, dan Niat
Pembelian Ulang. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian explanatory research.
Populasi penelitian adalah mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis antara tahun 2018
dan 2021 dan telah menggunakan ShopeeFood setidaknya dua kali dalam kurun
waktu setahun terakhir. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 90 responden.
Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Analisis statistik
deskriptif dan inferensial digunakan sebagai teknik analisis data. Dalam penelitian
ini, pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) yang dikombinasikan dengan
analisis Partial Least Squares (PLS) digunakan untuk analisis (PLS).
Penelitian ini menemukan bahwa Customer Perceived Value secara
signifikan dipengaruhi oleh kualitas layanan elektronik yang mereka terima.
variabel Kualitas Layanan Elektronik memiliki pengaruh signifikan terhadap
Kepuasan Pelanggan, variabel Kualitas Layanan Elektronik berpengaruh signifikan
terhadap Niat Pembelian Ulang, variabel Customer Perceived Value berpengaruh
signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, variabel Customer Perceived Value
berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli Ulang, variabel Kepuasan Pelanggan
berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli Ulang; variabel kualitas layanan
elektronik berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Customer Perceived
Value, kualitas layanan elektronik berpengaruh terhadap niat beli ulang melalui
kepuasan, Customer Perceived Value berpengaruh signifikan terhadap niat beli
ulang melalui kepuasan.
Berdasarkan hasil penelitian, layanan ShopeeFood berpengaruh pada
keuntungan karena dapat meningkatkan standar kualitas layanan elektronik yang
diyakini konsumen akan tersedia kepuasan pelanggan dan niat pembelian ulang,
salah satu cara yang dapat dilakukan dengan pemberian jaminan pada pelanggan
jika layanan yang diberikan tidak sesuai. ShopeeFood sebagai perusahaan di bidang
jasa, dapat meningkatkan customer perceived value dengan cara membuat kemasan
khusus ShopeeFood yang ramah lingkungan dan juga membawa pesananan dengan
menggunakan box khusus agar makanan tetap terjaga dengan baik untuk
meningkatkan nilai sosial. Selain itu, pihak ShopeeFood juga perlu
memperhatikan dan melayani sesuai dengan harapan pelanggan agar terciptanya
keinginan pelanggan untuk membeli ulang.
Kata Kunci : Kualitas Layanan Elektronik, Customer Perceived Value, Kepuasan,
dan Niat Pembelian Ulang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan Elektronik, Customer Perceived Value, Kepuasan, dan Niat Pembelian Ulang.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 May 2023 03:41
Last Modified: 04 May 2023 03:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34995

Actions (login required)

View Item View Item