FAKTOR-FAKTOR RETENSI PELANGGAN DI KEDAI KOPI INDOOR BERDIKARI KOFFEE MAGELANG MENGGUNAKAN EXPLORATORY FACTOR ANALYSIS (EFA)

Binar, Raka Ghani Irsyadi (2023) FAKTOR-FAKTOR RETENSI PELANGGAN DI KEDAI KOPI INDOOR BERDIKARI KOFFEE MAGELANG MENGGUNAKAN EXPLORATORY FACTOR ANALYSIS (EFA). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (414kB)

Abstract

viii
ABSTRAK
Berdikari Koffee berdiri pada tahun 2020 merupakan salah satu kedai kopi
yang sedang berkembang di Magelang dengan konsen kedai kopi Indoor. Usaha ini
ingin lebih meningkatkan retensi pelanggan untuk untuk meningkatkan penjualan.
Untuk itu, dilakukan analisis faktor retensi pelanggan sehingga dapat meningkatkan
jumlah penjualan.
Dalam penelitian ini menggunakan tipe deskriptif verifikatif. Teknik
pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan purposive
sampling. Sampel penelitian merupakan pengunjung Berdikari Koffee dengan
kriteria pernah melakukan pembelian lebih dari satu kali. Ukuran sampel sebanyak
164 responden dengan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif
dan Exploratory Factor Analysis (EFA) untuk menemukan faktor-faktor yang
menstimulus retensi pelanggan di Berdikari Koffee. EFA dimulai dari tahap
pemilihan varibel dengan KMO & Bartlett Test, dan MSA, ekstraksi faktor dengan
metode PCA, serta rotasi faktor dengan metode varimax. Faktor-faktor yang
dianalisis terdiri dari 25 item yang menstimulus retensi pelanggan berdasarkan
penelitian pendahuluan terhadap responden.
Hasil dari penelitian ini diperoleh 4 faktor yang menstimulus retensi
pelanggan di Berdikari Koffee yaitu faktor pelayanan dan produk, faktor relasi,
faktor tempat, dan faktor reputasi. Usulan pengembangan usaha yang dilakukan
juga dijelaskan pada penelitian ini. Saran untuk penelitian selanjutnya
menggunakan variabel dipenelitian ini pada objek yang berbeda.
Kata Kunci: Analisis Faktor, EFA, retensi pelanggan, Berdikari Koffee

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor, EFA, retensi pelanggan, Berdikari Koffee
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 May 2023 06:53
Last Modified: 03 May 2023 06:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34975

Actions (login required)

View Item View Item