PENGARUH PROMOSI PARIWISATA DI INSTAGRAM @PASARTELAGAJONGE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Destinasi Digital Pasar Telaga Jonge, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul)

ADYAKSA, DIVA RACHMAWATI (2023) PENGARUH PROMOSI PARIWISATA DI INSTAGRAM @PASARTELAGAJONGE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Destinasi Digital Pasar Telaga Jonge, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI DIVARA.pdf] Text
DAFTAR ISI DIVARA.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of DIVA RACHMAWATI A FULL.pdf] Text
DIVA RACHMAWATI A FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK
Gunungkidul memiliki beragam potensi yang sangat memungkinkan untuk
dikembangkan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Beragam potensi
pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Gunungkidul antara lain pantai, goa, air
terjun, dan tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu
Kabupaten Gunungkidul mulai mengembangkan potensi lain sebagai destinasi
digital. Sehingga Kabupaten Gunungkidul menjadi salah satu kabupaten tujuan
wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh promosi
pariwisata di Instagram @pasartelagajonge terhadap kepuasan wisatawan. Teori
dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Media Equation Theory
(Teori Persamaan Media), promosi pariwisata, kepuasan wisatawan, kualitas
pelayanan. Metode penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dalam
penelitian ini adalah followers Instagram @pasartelagajonge yang berkunjung ke
destinasi digital pasar telaga jonge. Teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian ini adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70
orang. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis
regresi sederhana. Hasil dari pengujian diperoleh bahwa (1) terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara promosi pariwisata dan kepuasan wisatawan secara
langsung, (2) kualitas pelayanan secara parsial signifikan mempengaruhi
kepuasan wisatawan Destinasi Digital Pasar Telaga Jonge.
Kata kunci : Promosi Pariwisata, Kepuasan Wisatawan, Kualitas Pelayanan
ABSTRACT
Gunungkidul has various potentials that are significantly possible to be
developed in increasing the community economy. Gunungkidul Regency has
various tourism potentials, including beaches, caves, waterfalls, and interesting
historical places to be visited. Besides that, Gunungkidul Regency begins to
develop other potentials as a digital destination. Thus, Gunungkidul Regency
becomes one of the interesting tourist destinations for domestic or foreign
tourists. This study aims to determine whether there is or not the influence of
tourism promotion in @pasartelagajonge Instagram towards tourist satisfaction.
Theory and concepts used in this study were Media Equation Theory, tourism
promotion, tourist satisfaction, and service quality. This research methodology
was survey research. The population of the study was the followers of
@pasartelagajonge Instagram, who visited the digital destination of Jonge Lage
Market. The sampling technique used in this study was random sampling with 70
samples. Then, the data analysis technique used partial correlation and simple
regression analysis. The results of the study were obtained that (1) there is a
positive and significant influence between tourism promotion and tourist
satisfaction directly, (2) the service quality significantly and partially influence
the tourist satisfaction in the Digital Destination of Jonge Lake Market.
Keywords: Tourism Promotion, Tourist Satisfaction, Service Quality.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tourism Promotion, Tourist Satisfaction, Service Quality.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:59
Last Modified: 14 Apr 2023 02:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34575

Actions (login required)

View Item View Item