PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PADA KAFE KOPI SABIN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM

Munawar, Munawar (2023) PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PADA KAFE KOPI SABIN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full Text_152180145_Munawar.pdf] Text
1. Skripsi Full Text_152180145_Munawar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. COVER.pdf] Text
2. COVER.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 4. halaman pengesahan.pdf] Text
4. halaman pengesahan.pdf

Download (302kB)

Abstract

V
ABSTRAKSI
Munawar, Nomor mahasiswa 152180145 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian “Perumusan Strategi Bersaing Pada Kafe Kopi
Sabin Menggunakan Matriks SWOT Dan Quantitative Strategic Planning Matrix
(QSPM)”. Pembimbing I (satu) Drs. Indro Herry Mulyanto, M.Si. pembimbing II
(dua) Dr. Humam Santoso Utomo, M.AB. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan rumusan strategi bisnis
yang tepat untuk kafe Kopi Sabin sebagai upaya dalam meningkatkan daya saing
perusahaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan unit
analisis kafe Kopi Sabin. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh melalui hasil wawancara dan pengisian kuesioner terhadap 10 orang
informan yang dipilih menggunakan teknik judgment sampling. Teknik analisis data
yang digunakan untuk formulasi strategi bisnis tersebut adalah analisis lingkungan
internal dan analisis eksternal mikro untuk mengidentifikasi faktor kunci eksternal
dan internal perusahaan yang berpengaruh pada perusahaan dan diformulasikan
strategi melalui 3 (tiga) tahap meliputi Tahap 1 Input : Matriks EFE dan IFE, Tahap
Pencocokan : Matriks SWOT, dan Tahap 3 Keputusan : Matriks QSPM. Hasil analisis matriks SWOT menunjukkan bahwa kafe Kopi Sabin berada di
kuadran I atau mendukung strategi agresif, sehingga pada posisi ini strategi yang
cocok untuk kafe Kopi Sabin adalah strategi S-O (Strength-Opportunity). Berdasarkan hasil evaluasi matriks QSPM, dari ketiga alternatif strategi S-O yang
dihasilkan, prioritas strategi yang dapat diterapkan oleh kafe Kopi Sabin adalah
menciptakan produk signature yang dapat menjadi ciri khas dari kafe Kopi Sabin
dengan perolehan TAS sebesar 4.86. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan oleh peneliti pada
kafe Kopi Sabin yang pertama kafe Kopi Sabin sebaiknya menciptakan sebuah
inovasi produk yang berbeda dengan para pesaing, yang kedua sebaiknya kafe Kopi
Sabin mengoptimalkan fungsi dari kartu member yang sudah tersedia dan
meningkatkan kepuasan pelanggan untuk membangun loyalitas pelanggan, yang
ketiga sebaiknya kafe Kopi Sabin meningkatkan citra perusahaan dengan menjaga
kualitas produk dan kualitas pelayan karyawan, dan yang terakhir sebaiknya kafe
Kopi Sabin mengoptimalkan promosi penjualan dengan memanfaatkan media sosial
(instagram, tiktok, google ads, dll) dan teknologi terutama aplikasi ojek online (go
food, grab food,shopee food) yang sangat mempermudah konsumen melakukan
transaksi. Kata Kunci : Manajemen Strategi, Matriks SWOT, Matriks QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Matriks SWOT, Matriks QSPM
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:56
Last Modified: 05 Jan 2023 03:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32229

Actions (login required)

View Item View Item