PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN LINKEDIN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN TINGKAT PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR

Ramadhanty, Apsari Noor Eka (2022) PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN LINKEDIN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN TINGKAT PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf] Text
COVER SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf

Download (251kB)
[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf] Text
ABSTRAK SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf

Download (242kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf

Download (174kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf

Download (266kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf

Download (250kB)
[thumbnail of SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf] Text
SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

LinkedIn merupakan media sosial profesional yang dikhususkan untuk menunjang
karier penggunanya. Sejak pandemi berlangsung, jumlah pengguna LinkedIn di
Indonesia mengalami kenaikan secara pesat. Secara beriringan, muncul stigma
khalayak bahwa LinkedIn dianggap lebih menimbulkan rasa tidak percaya diri
dibanding media sosial lainnya. Maka dari itu, peneliti merumuskan masalah,
“Seberapa besar pengaruh motif penggunaan media sosial LinkedIn yang
dimoderasi tingkat penggunaan terhadap kepuasan pengguna?” Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Peneliti
menggunakan teori New Uses & Gratifications yang mengemukakan bahwa dalam
menggunakan suatu media secara aktif, individu memiliki motif yang
dilatarbelakangi oleh kebutuhan psikologis dan sosialnya. Penelitian dilakukan
pada 100 pengguna aktif LinkedIn yang berusia 18 – 24 tahun dan berdomisili di
Yogyakarta. Penelitian bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh motif
penggunaan LinkedIn yang dimoderasi tingkat penggunaan terhadap kepuasan
pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan memoderasi
secara positif pengaruh motif penggunaan LinkedIn terhadap kepuasan pengguna.
Kontribusi pengaruh tersebut pada kepuasan pengguna sebesar 29,6% dan sisanya
70,4% merupakan faktor lain yang tidak diteliti, seperti jenjang karir dan ease of
access. Hubungan antarvariabel X dan Y bersifat searah namun kuatnya moderat,
dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,53. Pencarian informasi menjadi dimensi
dengan kesenjangan kepuasan terendah dan kemajuan karier yang tertinggi.
Kata kunci: Kepuasan Pengguna, LinkedIn, Media Sosial, Penggunaan Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pengguna, LinkedIn, Media Sosial, Penggunaan Media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:30
Last Modified: 30 Dec 2022 07:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32123

Actions (login required)

View Item View Item