Ramadhanty, Apsari Noor Eka (2022) PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN LINKEDIN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN TINGKAT PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
COVER SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf Download (251kB) |
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf Download (242kB) |
|
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf Download (174kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf Download (266kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf Download (250kB) |
|
Text
SKRIPSI APSARI NOOR EKA RAMADHANTY (153180068).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
LinkedIn merupakan media sosial profesional yang dikhususkan untuk menunjang
karier penggunanya. Sejak pandemi berlangsung, jumlah pengguna LinkedIn di
Indonesia mengalami kenaikan secara pesat. Secara beriringan, muncul stigma
khalayak bahwa LinkedIn dianggap lebih menimbulkan rasa tidak percaya diri
dibanding media sosial lainnya. Maka dari itu, peneliti merumuskan masalah,
“Seberapa besar pengaruh motif penggunaan media sosial LinkedIn yang
dimoderasi tingkat penggunaan terhadap kepuasan pengguna?” Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Peneliti
menggunakan teori New Uses & Gratifications yang mengemukakan bahwa dalam
menggunakan suatu media secara aktif, individu memiliki motif yang
dilatarbelakangi oleh kebutuhan psikologis dan sosialnya. Penelitian dilakukan
pada 100 pengguna aktif LinkedIn yang berusia 18 – 24 tahun dan berdomisili di
Yogyakarta. Penelitian bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh motif
penggunaan LinkedIn yang dimoderasi tingkat penggunaan terhadap kepuasan
pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan memoderasi
secara positif pengaruh motif penggunaan LinkedIn terhadap kepuasan pengguna.
Kontribusi pengaruh tersebut pada kepuasan pengguna sebesar 29,6% dan sisanya
70,4% merupakan faktor lain yang tidak diteliti, seperti jenjang karir dan ease of
access. Hubungan antarvariabel X dan Y bersifat searah namun kuatnya moderat,
dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,53. Pencarian informasi menjadi dimensi
dengan kesenjangan kepuasan terendah dan kemajuan karier yang tertinggi.
Kata kunci: Kepuasan Pengguna, LinkedIn, Media Sosial, Penggunaan Media
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pengguna, LinkedIn, Media Sosial, Penggunaan Media |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 07:30 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 07:32 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32123 |
Actions (login required)
View Item |