STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK COKELAT KWT PAWON GENDIS DI KALIBAWANG KULON PROGO

PRABAWATI, FITRI NUR (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK COKELAT KWT PAWON GENDIS DI KALIBAWANG KULON PROGO. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_Fitri Nur Prabawati.pdf] Text
Abstrak_Fitri Nur Prabawati.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of Cover_Fitri Nur Prabawati.pdf] Text
Cover_Fitri Nur Prabawati.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Daftar Isi_Fitri Nur Prabawati.pdf] Text
Daftar Isi_Fitri Nur Prabawati.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_Fitri Nur Prabawati.pdf] Text
Halaman Pengesahan_Fitri Nur Prabawati.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of Skripsi_Fitri Nur Prabawati_Accept_Sidang.pdf] Text
Skripsi_Fitri Nur Prabawati_Accept_Sidang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FITRI NUR PRABAWATI. 2022. Business Development Strategies to Improve
Competitiveness of Chocolate Products at KWT Pawon Gendis in Kalibawang Kulon
Progo. Under direction by Nanik Dara Senjawati and Heni Handri Utami.
ABSTRACT
This research was conducted at Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis,
Salakmalang, Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta. The objectives of
this study are 1). To analyze alternative strategies for KWT Pawon Gendis, 2). To
analyze the right strategic decision for the development of KWT Pawon Gendis. The
method uses in this research is a descriptive method with a type of case study research.
The method of taking respondents is purposive sampling method with four respondents
being are the chairman of KWT, the public relations department, the production
section, and the social media admin. Type of data used in this research are primary
and secondary data. Data collection methods through FGDs, interviews, observations,
literature studies, and documentation. Business development analysis techniques use
Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Internal�External Matrix (IE), Strenght Matrix, Weakness, Opportunities Threats (SWOT), and
Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The results of this research found that
1) alternative business development strategies can be carried out by maintaining and
developing cooperation with related parties, improving digitalization capabilities, and
maintaining and improving product quality along promoting product value massively,
2) the right strategic decision for the development of KWT Pawon Gendis chocolate
product business by maintaining and improving product quality along with promoting
product value massively.
Keywords: development strategy, KWT, IE, SWOT,QSPM,
FITRI NUR PRABAWATI. 2022. Strategi Pengembangan Usaha untuk
Meningkatkan Daya Saing Produk Cokelat KWT Pawon Gendis di Kalibawang Kulon
Progo. Dibawah arahan Nanik Dara Senjawati dan Heni Handri Utami.
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di Kelompok Wanita Tani Pawon Gendis,
Salakmalang, Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta. Tujuan penelitian
ini adalah 1). Menganalisis alternatif strategi pengembangan bagi KWT Pawon
Gendis, 2). Menganalisis keputusan strategi pengembangan yang tepat untuk
pengembangan KWT Pawon Gendis. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengambilan responden
menggunakan metode purposive sampling dengan respondennya adalah ketua KWT,
bagian hubungan masyarakat, bagian poduksi, dan admin media sosial. Jenis data
adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data melalui FGD,
wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis pengembangan
usaha menggunakan Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation
(EFE), Matriks Internal-Eksternal (IE), Matriks Strenght, Weakness, Opportunities
Threats (SWOT), dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian
diketahui bahwa 1) alternatif strategi pengembangan usaha dapat dilakukan dengan
menjaga dan mengembangkan kerjasama dengan pihak terkait, meningktakan
kemampuan digitalisasi, dan menjaga serta meningkatkan kualitas produk dan
mempromosikan nilai produk secara masif, 2) keputusan strategi yang tepat untuk
pengembangan usaha produk cokelat KWT Pawon Gendis dengan menjaga dan
meningkatkan kualitas produk disertai mempromosikan nilai produk secara masif.
Kata Kunci: KWT, IE, strategi pengembangan, SWOT,QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: KWT, IE, strategi pengembangan, SWOT,QSPM
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:19
Last Modified: 28 Dec 2022 04:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32104

Actions (login required)

View Item View Item