ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNA APLIKASI KAI ACCESS MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2

Firmansyah, Rifki (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNA APLIKASI KAI ACCESS MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full Text_124180008_Rifki Firmansyah.pdf] Text
1. Skripsi Full Text_124180008_Rifki Firmansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 3. Abstrak_124180008_Rifki Firmansyah.pdf] Text
3. Abstrak_124180008_Rifki Firmansyah.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_124180008_Rifki Firmansyah.pdf] Text
3. Abstrak_124180008_Rifki Firmansyah.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_124180008_Rifki Firmansyah.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_124180008_Rifki Firmansyah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_124180008_Rifki Firmansyah.pdf] Text
5. Daftar Isi_124180008_Rifki Firmansyah.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_124180008_Rifki Firmansyah.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_124180008_Rifki Firmansyah.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_124180008_Rifki Firmansyah.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_124180008_Rifki Firmansyah.pdf

Download (98kB)

Abstract

PT. Kereta Api Indonesia telah mengembangkan inovasi untuk meningkatkan kualitas
pelayanan bagi masyarakat dengan menciptakan mobile application KAI Access. KAI
Access dapat digunakan untuk membeli tiket secara online tanpa harus mengantri di loket
stasiun. Namun terdapat beberapa masalah yang dialami oleh pengguna yaitu terkadang
terdapat error ketika pengguna melakukan pembayaran, dan masih ada beberapa fitur yang
tidak dapat dijalankan sehingga berakibat terhadap kemudahan penggunaan aplikasi.
Kemudahan dapat menjadikannya faktor untuk pengguna berminat menggunakan aplikasi
tersebut dikarenakan pengguna sudah memiliki pemahaman yang mumpuni akan teknologi
(Saragih & Rikumahu, 2022). Penerimaan terhadap suatu niat, serta penggunaan layanan
digital bisa saja dipengaruhi oleh banyak faktor (Pamungkas & Sudiarno, 2022). Untuk dapat
memastikan minat pengguna tersebut tercapai, perlu dilakukan penelitian mengenai faktorfaktor yang mempengaruhi minat pengguna terhadap penggunaan aplikasi KAI Access agar
aplikasi tersebut menjadi lebih baik dan menjadi aplikasi yang bisa diterima oleh pelanggan
kereta api. Salah satu model yang dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi niat
dan juga penggunaan terhadap suatu layanan adalah Unified Theory Of Acceptance And Use
Of Technology 2 (UTAUT2).
Penelitian ini menggunakan seluruh variabel pada model UTAUT 2 untuk melakukan
analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengguna terhadap aplikasi KAI Access.
Data yang digunakan dalam penelitian didapatkan dari hasil kuesioner secara daring maupun
luring dengan 29 pernyataan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 406 responden yang
berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga pengguna aplikasi KAI Access. Data
tersebut kemudian akan diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM)
dengan dua pengujian yaitu outer model dan inner model dengan bantuan software
SmartPLS versi 3.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari empat belas hipotesis yang diajukan
dalam penelitian, tujuh hipotesis diterima dan tujuh hipotesis lainnya ditolak. Tujuh hipotesis
yang diterima yaitu social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, price value,
dan habit berpengaruh terhadap behavioral intentions dan use behavior aplikasi KAI Access.
Faktor terkuat yang berpengaruh atau signifikan terhadap behavioral intentions adalah
hedonic motivation dan faktor terkuat yang berpengaruh atau signifkan terhadap use
behavior adalah habit.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:51
Last Modified: 05 Mar 2025 02:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31901

Actions (login required)

View Item View Item