FERDIAN, MUHAMMAD FARHAN RULLY (2022) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI TIX ID DENGAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi FullText_124180054_Muhammad Farhan Rully Ferdian.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover_124180054_Muhammad Farhan Rully Ferdian.pdf Download (125kB) |
|
Text
3. Abstrak_124180054_Muhammad Farhan Rully Ferdian.pdf Download (428kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_124180054_Muhammad Farhan Rully Ferdian.pdf Download (435kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_124180054_Muhammad Farhan Rully Ferdian.pdf Download (213kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_124180054_Muhammad Farhan Rully Ferdian.pdf Download (411kB) |
Abstract
Perkembangan internet telah mengubah banyak aspek kehidupan termasuk perilaku
konsumen, salah satunya adalah pembelian tiket secara online.TIX ID merupakan salah satu
aplikasi pembelian e-ticket bioskop melalui platform mobile. Terdapat keluhan-keluahan
yang disampaikan pengguna terhadap aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengukur kepuasan pengguna aplikasi TIX ID dengan model End User Computing
Satisfaction (EUCS) sekaligus menyimpulkan variabel mana yang positif dan signifikan
terhadap kepuasan pengguna.
Penelitian ini menggunakan seluruh variabel pada model End User Computing
Satisfaction (EUCS).Variabel eksogen pada penelitian ini antara lain content, accuracy,
format, ease of use dan timeliness. Sementara variabel endogennya adalah user satisfaction.
Data primer diambil dari hasil kuesioner dengan 100 responden pengguna aplikasi TIX ID
dengan metode purposive sampling untuk menentukan sampel penelitian. Data tersebut
diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) untuk melakukan uji data
dan uji hipotesis.
Berdasarkan uji deskriptif rata-rata kepuasan pengguna aplikasi TIX ID melalui
variabel pada End User Computing Satisfaction (EUCS) sebesar 82,59 persen dengan
kriteria “sangat puas”. Dari 5 hipotesis yang diajukan, terdapat 2 hipotesis diterima dan
sisanya ditolak. Variabel yang memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap user
satisfaction adalah variabel accuracy dan format. Variabel content dan ease of use
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap user satisfaction sehingga hipotesisnya
ditolak. Sementara variabel timeliness tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap user
satisfaction.
Kata Kunci : TIX ID, Kepuasan Pengguna, EUCS, SEM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TIX ID, Kepuasan Pengguna, EUCS, SEM |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 02:51 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 03:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31885 |
Actions (login required)
View Item |