ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI JOGJAKITA MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

SILITONGA, LIDYA ANGELINA (2022) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI JOGJAKITA MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 2. Cover_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf] Text
2. Cover_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf] Text
3. Abstrak_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf] Text
5. Daftar Isi_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_124180005_Lidya Angelina Silitonga.pdf

Download (181kB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki banyak
destinasi wisata. Kota ini tidak hanya merupakan destinasi wisata namun juga merupakan kota
pendidikan yang dihuni oleh sejumlah pelajar dari luar kota Yogyakarta. Dalam langkah
meningkatkan predikat tersebut maka dilakukan pengembangan fasilitas pendukung dengan
memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat. Dalam pengembangan
fasilitas tersebut dirilis sebuah aplikasi yang bernama JogjaKita. Namun demikian, di dalam
penggunaan aplikasi JogjaKita ini ternyata masih banyak kendala yang terdapat di dalam
beberapa fitur, sehingga dalam penggunaan aplikasi ini masih terdapat respon yang kurang
baik dari pengguna nya karena pengalaman penggunaan dalam aplikasi tidak sesuai dengan
harapan oleh pengguna nya, yang dimana hal ini dapat mempengaruhi kepuasan pengguna
dalam menggunakan aplikasi JogjaKita ini. Maka untuk mengetahui tingkat kepuasan
pengguna berdasarkan pengalaman penggunanya, perlu dilakukan sebuah penelitian yang
menganalisis kepuasan pengguna terhadap aplikasi JogjaKita menggunakan variabel yang ada
pada model dalam penelitian ini ketika pengguna memakai aplikasi JogjaKita.
Penelitian ini menggunakan model End User Computing satisfaction (EUCS). Model
End User Computing Satisfaction merupakan model yang digunakan untuk mengukur tingkat
kepuasan pengguna akhir sebuah sistem aplikasi dengan melakukan perbandingan kinerja
aplikasi berdasarkan harapan dan kenyataan. Model ini juga merupakan sebuah evaluasi
secara keseluruhan dari pengguna aplikasi menurut Chin & Lee dalam (Angga Ardiansyah,
Dany Pratmanto, 2018). Model ini memiliki 5 variabel, yaitu yaitu isi (Content), keakuratan
(Accuracy), bentuk (Format), kemudahan (Ease of Use), dan ketepatan waktu (Timeliness).
Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam melakukan pengambilan data dengan julah 200
responden. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan metode dalam Structural Equaiton
Modeling (SEM) dengan software SmartPLS versi 3. Penelitian ini menganalisis 4 fitur yang
ada di dalam aplikasi JogjaKita, yaitu jogja ride, jogja food, jogja kurir, dan jogja shop.
Berdasarkan analisis kepuasan pengguna, maka diketahui bahwa pada jogja ride
persentase kepuasan penggunanya sebesar 79,84% dengan kriteria puas, jogja food sebesar
76,26% dengan kriteria puas, jogja kurir sebesar 80,42% dengan kriteria sangat puas, dan
jogja shop sebesar 81,12% dengan kriteria sangat puas. Kemudian berdasarkan uji hipotesis
penelitian yang sudah dilakukan terdapat 5 hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini,
namun dari 5 hipotesis yang digunakan hanya ada beberapa saja yang diterima dan ada
beberapa yang ditolak, yaitu pada fitur jogja food, jogja kurir, dan jogja food yang diterima
hanya H1 yaitu content atau isi. Kemudian di dalam jogja food terdapat dua hipotesis yang
diterima yaitu H1 dan H2, yaitu content dan accuracy. Hal ini terjadi karena variabel yang
diterima berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.
Kata Kunci: Aplikasi JogjaKita, Analisis Kepuasan Pengguna, EUCS, Fitur, SEM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi JogjaKita, Analisis Kepuasan Pengguna, EUCS, Fitur, SEM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:25
Last Modified: 09 Dec 2022 08:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31860

Actions (login required)

View Item View Item