ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL iJOGJA MENGGUNAKAN MODIFIED UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY2 (UTAUT2)

FEBRIYANTI, SEKAR RIZKI (2022) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL iJOGJA MENGGUNAKAN MODIFIED UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY2 (UTAUT2). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi FullText_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf] Text
1. Skripsi FullText_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. Cover_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf] Text
2. Cover_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf] Text
3. Abstrak_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf] Text
5. Daftar Isi_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_124180006_Sekar Rizki Febriyanti.pdf

Download (145kB)

Abstract

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Daerah Istimewa Yogyakarta
menerapkan sebuah teknologi Informasi yang dinamakan Aplikasi iJogja yang digunakan
dalam mempermudah kinerja layanan perpustakaan agar lebih efisien. Aplikasi iJogja dirilis
pertama kali pada 2 Agustus 2016 dan hingga saat ini pengguna Aplikasi iJogja sudah lebih
dari 10 ribu pengguna. Namun, implementasi Aplikasi iJogja masih belum sepenuhnya
diketahui secara menyeluruh dari sisi kebermanfaatan oleh beberapa pengguna dan belum
adanya penilaian mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi minat dari penggunaan
Aplikasi iJogja serta masih adanya keluhan dari pengguna terkait performa dan fitur – fitur
yang tersedia pada Aplikasi iJogja. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka pada
penelitian ini akan dilakukannya analisis mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi
minat penggunaan Aplikasi iJogja dan mengetahui faktor mana yang paling kuat dalam
mempengaruhi minat penggunaan Aplikasi iJogja.
Penelitian ini menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of
Technology2 (UTAUT2) yang diadopsi dari model Sutanto et al (2018) dengan
menghilangkan variabel price value (nilai harga), variabel tersebut tidak relevan digunakan
pada penelitian ini karena Aplikasi iJogja merupakan teknologi Informasi yang tersedia
secara gratis untuk seluruh pengguna. Sehingga pada penelitian ini hanya menggunakan
delapan variabel utama yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence,
facilitating conditions, behavioral intention, use behaviour, hedonic motivation, dan habit
serta menggunakan tiga variabel moderat yaitu age, gender, dan experience. Pada penelitian
ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada
pengguna Aplikasi iJogja dengan jumlah sampel 100 responden. Kemudian data yang telah
diperoleh akan dilakukan pengolahan menggunakan metode Structural Equation Modeling
(SEM) dengan bantuan software SmartPLS versi 3.
Dari dua puluh satu hipotesis yang diajukan, lima hipotesis dinyatakan diterima dan
enam belas lainnya dinyatakan ditolak. Maka dari itu diperoleh hasil bahwa variabel yang
dapat memengaruhi behavioral intention pada Aplikasi iJogja yaitu hedonic motivation dan
habit, sehingga semakin tinggi motivasi hedonis dan faktor kebiasaan dapat mempengaruhi
tingginya minat penggunaan Aplikasi iJogja. Kemudian diperoleh hasil bahwa variabel yang
memengaruhi use behaviour pada Aplikasi iJogja yaitu facilitating conditions, behavioral
intention, dan habit dengan variabel moderasi age, sehingga semakin baiknya kondisi yang
memfasilitasi, niat perilaku penggunaan, serta semakin tingginya kebiasaan seseorang yang
dipengaruhi oleh usia produktif dalam penggunaan teknologi informasi, maka akan semakin
baik dan tinggi juga minat penggunaan Aplikasi iJogja. Hasil pengujian dengan variabel
moderasi menunjukkan hanya variabel age saja yang dapat mempengaruhi perilaku
penggunaan Aplikasi iJogja, sedangkan untuk variabel moderasi gender dan experience
menunjukkan tidak adanya efek moderasi untuk niat perilaku dan perilaku menggunakan
Aplikasi iJogja.
Kata Kunci : Aplikasi iJogja, Analisis Faktor Minat Penggunaan, UTAUT2, SEM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi iJogja, Analisis Faktor Minat Penggunaan, UTAUT2, SEM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:17
Last Modified: 07 Dec 2022 06:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31840

Actions (login required)

View Item View Item