PENGARUH MEMORABLE TOURIST EXPERIENCE TERHADAP PERCEIVED VALUE DAN AFFECTIVE COMMITMENT SERTA DAMPAKNYA PADA STORYTELLING BEHAVIOR (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur)

WARDANI, ELLENA (2022) PENGARUH MEMORABLE TOURIST EXPERIENCE TERHADAP PERCEIVED VALUE DAN AFFECTIVE COMMITMENT SERTA DAMPAKNYA PADA STORYTELLING BEHAVIOR (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_Skripsi_Ellena Wardani_152180122.pdf] Text
Abstrak_Skripsi_Ellena Wardani_152180122.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Cover_Skripsi_Ellena Wardani_152180122.pdf] Text
Cover_Skripsi_Ellena Wardani_152180122.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Daftar Isi_Skripsi_Ellena Wardani_152180122.pdf] Text
Daftar Isi_Skripsi_Ellena Wardani_152180122.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Skripsi_Ellena Wardani_152180122.pdf] Text
Daftar Pustaka_Skripsi_Ellena Wardani_152180122.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_Skripsi_Ellena Wardani_152180122.pdf] Text
Lembar Pengesahan_Skripsi_Ellena Wardani_152180122.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_ELLENA WARDANI_152180122.pdf] Text
SKRIPSI FULL_ELLENA WARDANI_152180122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ellena Wardani, Nomor Induk Mahasiswa 152180122, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh
Memorable Tourist Experience Terhadap Perceived Value dan Affective
Commitment Serta Dampaknya Pada Storytelling Behavior (Studi pada wisatawan
yang telah berkunjung ke Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur). Pembimbing I
Eny Endah Pujiastuti dan Pembimbing II Didik Indarwanta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Memorable Tourist
Experience Terhadap Perceived Value dan Affective Commitment Serta Dampaknya
Pada Storytelling Behavior (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Objek
Wisata Waduk Gajah Mungkur). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
wisatawan yang melakukan kunjungan minimal untuk kedua kalinya di Objek
Wisata Waduk Gajah Mungkur yang jumlahnya tidak terhingga. Penelitian ini
menggunakan tipe explanatory dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel
dalam penelitian ini adalah wisatawan yang sudah melakukan kunjungan minimal
dua kali pada Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur. Ukuran sampel dengan 160
responden didapatkan dari perhitungan rumus Machin dan Cambell. Teknik
sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling. Teknik analisis data
menggunakan analisis statistic deskriptif dengan data tabel dan persentasi, serta
analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel memorable tourist experience
berpengaruh signifikan terhadap perceived value, memorable tourist experience
berpengaruh signifikan terhadap affective commitment, memorable tourist
experience berpengaruh signifikan terhadap storytelling behavior, perceived value
berpengaruh signifikan terhadap affective commitment, perceived value
berpengaruh signifikan terhadap storytelling behavior, affective commitment
berpengaruh signifikan terhadap storytelling behavior, memorable tourist
experience berpengaruh signifikan terhadap storytelling behavior melalui
perceived value, memorable tourist experience berpengaruh signifikan terhadap
storytelling behavior melalui affective commitment, memorable tourist experience
berpengaruh signifikan terhadap affective commitment melalui perceived value,
perceived value berpengaruh signifikan terhadap storytelling behavior melalui
affective commitment.
Berdasarkan hasil penelitian, Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur harus
mampu mempertahankan dan meningkatkan pengalaman wisata yang berkesan
agar dapat meningkatkan nilai yang diterima oleh wisatawan sehingga
menumbuhkan komitmen afektif pada destinasi tersebut dan memberikan dampak
yaitu terciptanya perilaku bercerita wisatawan.
Kata Kunci: Memorable Tourist Experience, Perceived Value, Affective Commitment, Storytelling Behavior

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Memorable Tourist Experience, Perceived Value, Affective Commitment, Storytelling Behavior
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:36
Last Modified: 07 Dec 2022 02:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31825

Actions (login required)

View Item View Item