Analisis Efektivitas Iklan Berdasarkan Metode Customer Response Index (CRI) dengan Konsep AISAS (Studi pada iklan produk Distrobinambon di media Instagram)

Nugraheni, Aqmarina (2022) Analisis Efektivitas Iklan Berdasarkan Metode Customer Response Index (CRI) dengan Konsep AISAS (Studi pada iklan produk Distrobinambon di media Instagram). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI (13).pdf] Text
DAFTAR ISI (13).pdf

Download (230kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (13).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (13).pdf

Download (406kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (13).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (13).pdf

Download (406kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN (6).pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN (6).pdf

Download (492kB)
[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of SKRIPSI AQMARINA NUGRAHENI - EFEKTIVITAS IKLAN DISTROBINAMBON.pdf] Text
SKRIPSI AQMARINA NUGRAHENI - EFEKTIVITAS IKLAN DISTROBINAMBON.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah untuk untuk mengukur tingkat efektivitas iklan
Distrobinambon di media sosial Instagram berdasarkan metode Customer Response
Index dengan konsep AISAS. Distrobinambon merupakan salah satu pelaku bisnis
yang telah menggunakan media Instagram tepatnya Instagram Sponsored untuk
mengiklankan produknya. Namun sejauh ini, pihak Distrobinambon belum
mengetahui efektivitas dari iklan yang telah mereka sebarkan. Hal tersebut
disebabkan oleh keterbatasan pemahaman mengenai cara mengukur efektivitas
sebuah iklan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakaan pendekatan kuantitatif yang
diperoleh dari pengumpulan data melalui kuesioner dalam bentuk google form dan
disebarkan melalui Direct Message Instagram. Sumber data diperoleh dari
responden yang memiliki kualifikasi pernah melihat iklan Distrobinambon di
Instagram Sponsored. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah
menggunakan analisis distribusi frekuensi dan perhitungan Customer Response
Index (CRI) dengan konsep AISAS.
Berdasarkan data dari 96 responden, telah diperoleh hasil perhitungan
Customer Response Index (CRI) dengan persentase yang berbeda-beda pada empat
pola AISAS yaitu CRI AISAS (70%), CRI AISS (59%), CRI AIAS (79%), dan CRI
AIS (79%). Hasil perhitungan dari keempat pola AISAS tersebut menunjukkan
bahwa iklan Distrobinambon di Instagram Sponsored dinyatakakan efektif karena
memiliki persentase CRI yang lebih besar dibandingkan persentase no attention, no
interest, no search, no action, dan no share.
Kata Kunci : Efektivitas Iklan, Customer Response Index, AISAS, Attention,
Interest, Search, Action, Share.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tujuan penilitian ini adalah untuk untuk mengukur tingkat efektivitas iklan Distrobinambon di media sosial Instagram berdasarkan metode Customer Response Index dengan konsep AISAS. Distrobinambon merupakan salah satu pelaku bisnis yang telah menggunakan media Instagram tepatnya Instagram Sponsored untuk mengiklankan produknya. Namun sejauh ini, pihak Distrobinambon belum mengetahui efektivitas dari iklan yang telah mereka sebarkan. Hal tersebut disebabkan oleh keterbatasan pemahaman mengenai cara mengukur efektivitas sebuah iklan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakaan pendekatan kuantitatif yang diperoleh dari pengumpulan data melalui kuesioner dalam bentuk google form dan disebarkan melalui Direct Message Instagram. Sumber data diperoleh dari responden yang memiliki kualifikasi pernah melihat iklan Distrobinambon di Instagram Sponsored. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis distribusi frekuensi dan perhitungan Customer Response Index (CRI) dengan konsep AISAS. Berdasarkan data dari 96 responden, telah diperoleh hasil perhitungan Customer Response Index (CRI) dengan persentase yang berbeda-beda pada empat pola AISAS yaitu CRI AISAS (70%), CRI AISS (59%), CRI AIAS (79%), dan CRI AIS (79%). Hasil perhitungan dari keempat pola AISAS tersebut menunjukkan bahwa iklan Distrobinambon di Instagram Sponsored dinyatakakan efektif karena memiliki persentase CRI yang lebih besar dibandingkan persentase no attention, no interest, no search, no action, dan no share. Kata Kunci : Efektivitas Iklan, Customer Response Index, AISAS, Attention, Interest, Search, Action, Share.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Dec 2022 07:12
Last Modified: 02 Dec 2022 07:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31797

Actions (login required)

View Item View Item