PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN DESTINATION PERSONALITY TERHADAP SELF CONGRUITY SERTA BEHAVIOR INTENTION (Studi pada objek wisata Obelix Hills Yogyakarta)

Primanda, Aldy Ciptha (2022) PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN DESTINATION PERSONALITY TERHADAP SELF CONGRUITY SERTA BEHAVIOR INTENTION (Studi pada objek wisata Obelix Hills Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1 coverSkripsi_ Aldy Ciptha Primanda_152170006 1.pdf] Text
1 coverSkripsi_ Aldy Ciptha Primanda_152170006 1.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 2. hal pengesahan Skripsi_ Aldy Ciptha Primanda_152170006 2.pdf] Text
2. hal pengesahan Skripsi_ Aldy Ciptha Primanda_152170006 2.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 2. hal pengesahan Skripsi_ Aldy Ciptha Primanda_152170006 2.pdf] Text
2. hal pengesahan Skripsi_ Aldy Ciptha Primanda_152170006 2.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 3. AbstrakSkripsi_ Aldy Ciptha Primanda_152170006 9.pdf] Text
3. AbstrakSkripsi_ Aldy Ciptha Primanda_152170006 9.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 4. Daftar isi.pdf] Text
4. Daftar isi.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 5. Daftar pustaka.pdf] Text
5. Daftar pustaka.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 6. Skripsi_ Aldy Ciptha Primanda_152170006.pdf] Text
6. Skripsi_ Aldy Ciptha Primanda_152170006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Destination Image dan
Destination Personality terhadap Self Congruity serta Behavior Intention‖ (Studi
pada orang yang belum berkunjung ke Obelix Hills yang berdomisili di Yogyakarta).
Populasi dalam penelitian ini adalah Orang yang belum berkunjung ke Obelix
Hills yang berdomisili di Yogyakarta. Penelitian ini bersifat explanatory dengan
menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian merupakan Orang yang
belum melakukan kunjungan ke Obelix Hills yang berdomisili di Yogyakarta
dengan umur minimal 17 tahun. Rumus Machin dan Chambel digunakan untuk
perhitungn ukuran sampel yang menghasilkan 151 responden. Teknik sampling
yang digunakan adalah nonprobability sampling. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dengan data tabel dan presentasi, serta analisis
statistik inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Destination Image
berpengaruh signifikan terhadap Self Congruity. Destination Personality
berpengaruh signifikan terhadap Self Congruity. Destination Image berpengaruh
signifikan terhadap Behavior Intention. Destination Personality berpengaruh
signifikan terhadap Behavior Intention. Self Congruity berpengaruh signifikan
terhadap Behavior Intention. Destination Image berpengaruh signifikan terhadap
Behavior Intention melalui Self Congruity. Destination Personality berpengaruh
signifikan terhadap Behavior Intention melalui Self Congruity.
Berdasarkan hasil penelitian, objek wisata Obelix Hills harus mampu
mempertahankan dan meningkatkan citra dan karakteristik atau kepribadian
destinasi dengan selalu memperhatikan kualitas dari objek wisata itu sendiri
karena, hal itu berdampak pada tingkat kesesuaian diri dan niat perilaku calon
wisatawan yang ingin melakukan kunjugan ke destinasi Obelix Hills. Citra dan
karakteristik destinasi yang positif akan berdampak pada tingkat kesesuaian diri
seseorang dan secara tidak sadar akan menimbulkan niat perilaku terhadap
destinasi wisata.
Kata Kunci: Destination Image, Destination Personality, Self Congruity, Behavior
Intention

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Destination Image, Destination Personality, Self Congruity, Behavior Intention
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:08
Last Modified: 26 Oct 2022 02:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31490

Actions (login required)

View Item View Item