LATHIFA, FAUZIA RAHMA (2022) PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MENGENAI PRODUK BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
2.Cover_153160132_fauzia rahma.pdf Download (348kB) |
|
Text
3. Abstrak_153160132_fauzia rahma.pdf Download (151kB) |
|
Text
4. Halaman Pengsahan_153160132_Fauzia Rahma.pdf Download (200kB) |
|
Text
5. Daftar isi_153160132_fauzia rahma.pdf Download (403kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA_153160132_fauzia rahma.pdf Download (405kB) |
|
Text
1. Full Skripsi_153160132_fauzia rahma.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Terjadinya problematika sampah yang ada tidak lepas dari perilaku konsumtif yang
lakukan oleh masyarakat. Perilaku konsumtif berpengaruh pada peningkatan volume
sampah. Masyarakat yang cenderung menggunakan barang-barang sekali pakai dan
tidak berkelanjutan akan menimbulkan sampah. Permasalahan sampah dan lingkungan
membuat secara perlahan masyarakat mulai menyadari pentingnya mengurangi
pemakaian produk sekali pakai dengan produk yang bekelanjutan. Produk yang
berkelanjutan yaitu menggunakan produk yang ramah lingkungan. Mengkonsumsi
produk ramah lingkungan yang biasa disebut Green product (produk hijau) merupakan
salah satu upaya dalam menjaga kesehatan, dan mengurangi timbunan sampah.
Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku konsumen
dalam mencari informasi mengenai produk berbasis ramah lingkungan. Pada penelitian
ini peneliti menggunakan teori Information Intergration. Peneliti menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan menggunakan tekink wawancara dan
mewawancarai tujuh narasumber. Tujuan dari penelitian ini adalah unutuk mengetahui
bagaimana perilaku konsumen dalam mencari informasi mengenai produk berbasis
ramah lingkungan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa
para konsumen memiliki perilaku yang berbeda-beda dalam melakukan pencarian
informasi mengenai produk ramah lingkungan. Perbedaan perilaku dipengaruhi oleh
latar belakang kebutuhan maupun latar belakang pekerjaan sehari-hari.
Kata kunci: Mencari Informasi, Perilaku Konsumen, Produk Ramah Lingkungan
ABSTRACT
The occurrence of existing waste problems cannot be separated from consumptive
behavior carried out by the community. Consumptive behavior has an effect on
increasing the volume of waste. People who tend to use single-use and unsustainable
items will create waste. Waste and environmental problems have made people slowly
begin to realize the importance of reducing the use of single-use products with
sustainable products. Sustainable products, namely using products that are
environmentally friendly. Consuming environmentally friendly products, commonly
known as green products, is one of the efforts to maintain health and reduce waste
accumulation. The problem taken in this research is how the behavior of consumers in
seeking information about environmentally friendly products. In this study, researchers
used the theory of Information Integration. Researchers used qualitative research
methods using interview techniques and interviewed seven sources. The purpose of this
study is to find out how consumers behave in seeking information about
environmentally friendly products. Based on the research that has been done, it shows
that consumers have different behaviors in searching for information about
environmentally friendly products. Differences in behavior are influenced by the
background of needs and the background of daily work.
Keywords: Seeking Information, Consumer Behavior, Environmentally Friendly
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Seeking Information, Consumer Behavior, Environmentally Friendly |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 03:03 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 03:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31317 |
Actions (login required)
View Item |