PENGARUH MEDIA SOSIAL TWITTER @KOMINFODIY TERHADAP PERSEPSI FOLLOWERS PADA PROGRAM PEDESTRIAN DI KAWASAN MALIOBORO

Bawues, Cantika Vebriyani (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL TWITTER @KOMINFODIY TERHADAP PERSEPSI FOLLOWERS PADA PROGRAM PEDESTRIAN DI KAWASAN MALIOBORO. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full_153170036_Cantika Vebriyani.pdf] Text
1. Skripsi Full_153170036_Cantika Vebriyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153170036_Cantika Vebriyani.pdf] Text
3. Abstrak_153170036_Cantika Vebriyani.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153170036_Cantika Vebriyani.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153170036_Cantika Vebriyani.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153170036_Cantika Vebriyani.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153170036_Cantika Vebriyani.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 2. Cover_153170036_Cantika Vebriyani.pdf] Text
2. Cover_153170036_Cantika Vebriyani.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153170036_Cantika Vebriyani.pdf] Text
5. Daftar Isi_153170036_Cantika Vebriyani.pdf

Download (142kB)

Abstract

xiv
ABSTRAK
Kota Yogyakarta telah menggunakan sosial media dengan baik sehingga
mempermudah pengenalan wisata melalui media sosial salah satunya adalah media
sosial twitter pada akun resmi @kominfodiy. Pemerintah menggunakan media sosial
sebagai sarana informasi mengenai wisata agar mempermudah pembaca dalam
mengetahui kebaruan wisata tersebut. Dengan adanya pemanfaatan media sebagai
sarana informasi, program pedestrian pada kawasan malioboro menjadi salah satu
informasi yang disebarluaskan melalui beberapa media sehingga penulis mengambil
penelitian ini dengan tujuan yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan
oleh media sosial terhadap persepsi followers twitter @kominfodiy yang terdiri dari
beragam umur dan jenis kelamin. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sehingga
teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekologi media dan teori media
exposure (terpaan media). teori ekologi media memfokuskan pada hubungan antara
manusia dan teknologi yang tidak dapat dipisahkan dan teori media exposure
membicarakan terpaan dari media sosial. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner
online googleForm dengan sampel yaitu 100 responden dari followers aktif akun
twitter @kominfodiy. Teknik analisis pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji
korelasi Pearson Product Moment dan regresi linier dengan menggunakan program
SPSS ms Windows 25.0.0.0. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa followers dari akun twitter @kominfodiy mengalami terpaan oleh
program pedestrian yang dapat memperkuat atau memperlemah persepsi khalayak.
Melaui hasil dari uji korelasi Pearson di dapatkan nilai R sebesar 0,521 kemudian
nilai R square 0,272 artinya hubungan antara variabel X terpaan Media dan variabel Y
Persepsi followers sebesar 27,2%. Dengan adanya data yang dilakukan maka hipotesis
penelitian ini dapat diterima.
Kata kunci: Media sosial, Twitter, Persepsi, pedestrian
xv
ABSTRACT
The city of Yogyakarta has used social media well, making it easier to introduce
tourism through social media, one of which is social media Twitter on the official
account @kominfodiy. The government uses social media as a means of information
about tourism to make it easier for readers to know the novelty of the tour. With the
use of media as a means of information, the pedestrian program in the Malioboro
area is one of the information disseminated through several media so the authors took
this study with the aim of knowing how much influence social media exposure had on
the perception of @kominfodiy twitter followers consisting of various ages. and
gender. This research is a quantitative research so that the theories used in this
research are media ecology theory and media exposure theory. Media ecology theory
focuses on the inseparable relationship between humans and technology and media
exposure theory discusses the exposure of social media. The data collection technique
is through the googleForm online questionnaire with a sample of 100 respondents
from active followers of the @kominfodiy twitter account. The analysis technique in
this research is normality test, Pearson Product Moment correlation test and linear
regression using SPSS MS Windows 25.0.0.0 program. Based on the research
conducted, it can be concluded that followers of the @kominfodiy twitter account are
exposed to pedestrian programs that can strengthen or weaken public perceptions.
Through the results of the Pearson correlation test, the R value of 0.521 was
obtained, then the R square value of 0.272 means that the relationship between the X
variable media exposure and the Y variable followers' perception is 27.2%. With the
data carried out, the hypothesis of this research can be accepted.
Keywords: Social media, Twitter, Perception, pedestrian

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Social media, Twitter, Perception, pedestrian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:02
Last Modified: 05 Oct 2022 02:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31291

Actions (login required)

View Item View Item