PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE PADA PENGGUNA SCARLETT WHITENING DI YOGYAKARTA (Studi pada Girl Group TWICE Sebagai Brand Ambassador Scarlett Whitening)

Pratama, Rio Har (2022) PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE PADA PENGGUNA SCARLETT WHITENING DI YOGYAKARTA (Studi pada Girl Group TWICE Sebagai Brand Ambassador Scarlett Whitening). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. SKRIPSI FULLTEXT_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf] Text
1. SKRIPSI FULLTEXT_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 3. COVER_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf] Text
3. COVER_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf] Text
2. ABSTRAK_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf] Text
5. DAFTAR ISI_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PENGESAHAN_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN_153160123_RIO HAR PRATAMA.pdf

Download (117kB)

Abstract

Tingginya persaingan industri kosmetik di Indonesia ditandai dengan banyaknya
bermunculan brand lokal skincare. Persaingan ketat antar brand tersebut membuat
Scarlett Whitening memikirkan strategi agar brand image mereka dapat
mempengaruhi dan menjadi top of mind di mata konsumen. Salah satu strategi
untuk meningkatkan brand image tersebut adalah dengan menggunakan brand
ambassador. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana
pengaruh brand ambassador TWICE terhadap brand image atau persepsi dalam
benak konsumen pengguna Scarlett Whitening sesudah dilakukannya kolaborasi.
Menggunakan teori SOR (Stimulus – Organism – Response) dan teori Persepsi,
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar brand
ambassador mempengaruhi brand image dari Scarlett Whitening itu sendiri serta
mengetahui hubungan antara keduanya. Metode yang digunakan adalah metode
penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel pada penelitian
ini berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
purposive sampling dengan karakteristik pengguna Scarlett Whitening yang
berdomisili di Yogyakarta. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan
menggunakan purposive sampling. Berdasarkan uji statistik yang telah dilakukan
dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS 25, menunjukkan bahwa brand
ambassador TWICE memiliki pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap
brand image Scarlett Whitening. Hal tersebut diperoleh dari nilai R² sebesar 0,624
atau 62,4%. Selain itu juga diperoleh angka signifikansi sebesar 0.000, dimana
angka 0,000 < 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha
diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh brand ambassador terhadap brand
image pada pengguna scarlett whitening di yogyakarta.
Kata Kunci : Brand Ambassador, Brand Image, Scarlett Whitening, TWICE

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Brand Image, Scarlett Whitening, TWICE
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:24
Last Modified: 04 Oct 2022 02:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31229

Actions (login required)

View Item View Item