HUBUNGAN ANTARA GAYA KOMUNIKASI GURU DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA (Studi Korelasi Gaya Komunikasi Guru Dengan Pretasi Akademik Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Pakem Yogyakarta)

Kurniawati, Dewi (2011) HUBUNGAN ANTARA GAYA KOMUNIKASI GURU DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA (Studi Korelasi Gaya Komunikasi Guru Dengan Pretasi Akademik Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Pakem Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAKpdf.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKpdf.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Komunikasi memiliki peran disegala bidang, terlebih lagi dalam dunia
pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa berjalan
tanpa adanya komunikasi atau dengan kata lain tidak ada perilaku pendidikan
yang tidak menggunakan komunikasi sebagai sarana mengajar. Hal inilah yang
membuat peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitian “Hubungan antara
gaya komunikasi guru dengan prestasi akademik siswa di SMP Negeri 2 Pakem
Yogyakarta”. Rumusan penelitian ini adalah “Adakah hubungan antara gaya
komunikasi guru dengan prestasi akademik siswa SMP Negeri 2 Pakem
Yogyakarta”. Tujuan penelitian ini ad
alah untuk mengetahui hubungan antara
gaya komunikasi guru dengan prestasi siswa SMP Negeri 2 Pakem Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan teori S-
O-R (Stimulus-Organisme-Respon), dan
model ABX Newcomb. Jenis penelitian in
i adalah penelitian kuantitatif dengan
metode survey. Populasi penelitian adal
ah siswa kelas VIII di SMP 2 Pakem
Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan kuesioner dan
studi pustaka. Teknik analisis yang
digunakan adalah analisis korelasi
Spearman
Rank
. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang
diajukan diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara gaya
komunikasi guru dengan prestasi akademik siswa. Sehingga teori yang digunakan
dalam penelitian ini terbukti dan menunjukan bahwa gaya komunikasi yang baik
dan tepat bagi siswa akan membantu siswa dalam meningkatkan prestasi
akademik siswa. Gaya komunikasi terbagi menjadi tiga yaitu gaya komunikasi
pasif, asertif, dan agresif. Dari ketiga gaya komunikasi tersebut hanya gaya
komunikasi asertif yang memiliki hubunga
n positif, maksudnya adalah semakin
gaya komunikasi asertif sering digunakan oleh guru maka gaya komunikasi
tersebut akan membantu siswa dalam me
mahami materi pelajaran sehingga siswa
dapat meningkatkan prestasi akademiknya. Gaya komunikasi guru dalam
mengajar sebaiknya digunakan sesuai dengan karakter siswa, dengan efektifnya
gaya komunikasi tersebut maka akan
secara langsung atau tidak mempengaruhi
prestasi siswa.
Kata kunci : komunikasi, gaya komunikasi, guru, prestasi, siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:17
Last Modified: 07 Jun 2016 02:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3089

Actions (login required)

View Item View Item