PENGARUH MOTIVASI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP MINAT BELI DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC (Studi pada Anggota Komunitas Online Grup Facebook “Obrolan Rakyat Beauty”)

Nurhayati, Isnaeni (2022) PENGARUH MOTIVASI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP MINAT BELI DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC (Studi pada Anggota Komunitas Online Grup Facebook “Obrolan Rakyat Beauty”). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full - Isnaeni N 152150028.pdf] Text
1. Skripsi Full - Isnaeni N 152150028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Cover.pdf] Text
2. Cover.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 3. Abstrak.pdf] Text
3. Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4. Halaman Pengesahan.pdf] Text
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka.pdf] Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB)

Abstract

Isnaeni Nurhayati, Nomor Mahasiswa 152150028, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”
Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh Motivasi dan Kelompok Referensi terhadap
Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Somethinc” (Studi
pada Anggota Komunitas Online Grup Facebook Obrolan Rakyat Beauty), 2022.
Dosen pembimbing Susanta dan Didik Indarwanta.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Motivasi dan Kelompok
Referensi terhadap Minat Beli dan dampaknya pada Keputusan Pembelian produk
Somethinc. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas online grup Facebook Obrolan Rakyat
Beauty yang menggunakan produk Somethinc. Ukuran sampel pada penelitian ini
adalah 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh
dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan
metode statistik partial least square (SEM-PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Minat Beli, Kelompok Referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Minat Beli, Motivasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan
Pembelian, Kelompok Referensi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap
Keputusan Pembelian, Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Keputusan Pembelian melalui Minat Beli, Kelompok Referensi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli.
Motivasi orang-orang untuk dapat memiliki tampilan kulit yang sehat dan terawat
membuat mereka mencari produk skincare yang kualitasnya bagus dan aman
digunakan sehari-hari, untuk itu produk Somethinc harus tetap menjaga kualitas
produknya agar konsumen tetap menggunakan produk Somethinc. Produk Somethinc
merupakan merek yang ramai dibicarakan di dalam Kelompok Referensi. Banyak
konsumen yang masih belum mengetahui apa itu kandungan bahan aktif dalam produk
Somethinc maupun fungsinya, untuk itu akan lebih baik bagi Somethinc untuk
menyertakan kegunaan bahan aktif secara jelas dan simpel pada kemasan produknya.
Kata kunci : Motivasi, Kelompok Referensi, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kelompok Referensi, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:04
Last Modified: 02 Sep 2022 03:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30845

Actions (login required)

View Item View Item