Oktaviani, Mega (2022) PENERAPAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION MENGGUNAKAN METODE ON PAGE, OFF PAGE, DAN ANALISIS KPI (Studi Kasus Sky 9 Innovation). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (17kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (149kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (148kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Sky 9 Innovation merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia
teknologi informasi, yaitu hardware seperti mesin fotocopy, printer, dan printer supply. Tidak
hanya hardware, juga terdapat pengembangan software, IT support, dan distribusi surat elektronik
yang berpusat di Singapore, dan memiliki cabang di Indonesia, terletak di kota Batam. Sky 9
Innovation memiliki website yang dapat diakses secara online, website tersebut adalah
www.s9i.com.sg. Perusahaan ini ingin memperkuat kredibilitas website yang mereka miliki pada
search engine. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu diterapkannya berbagai strategi bisnis, salah
satu strategi yang ada ialah search engine optimization (SEO). Berdasarkan latar belakang
tersebut, penelitian yang dilakukan pada website Sky 9 Innovation ini berfokus pada penggunaan
metode On-page dan Off-page untuk mencapai tujuannya, pengukuran keberhasilan optimasi tidak
hanya diukur dari rank SERP, juga menggunakan KPI atau Key Performance Indicator.
Penelitian ini menggunakan metode SEO on-page dan off-page. SEO on-page merupakan
langkah pertama yang harus difokuskan oleh webmaster, sehingga dapat meningkatkan visibilitas
dan rank. SEO off-page berkaitan dengan backlink, backlink sendiri merupakan link yang
menghubungkan dengan website yang dituju. Kemudian setelah diimplementasi, lalu dianalisis
menggunakan KPI, Key Performance Indicators merupakan salah satu dari banyak cara untuk
mengukur kinerja sebuah perusahaan, juga sebagai tolak ukur informasi bagi pimpinan bahwa
seberapa jauh perusahaannya mencapai visi dan misi. Data yang digunakan mengguanakan dua
jenis data, yaitu data premier dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh
peneliti langsung dari sumber utama, melalui hasil wawancara. Sedangkan data sekunder
didapatkan melalui website Google Analytics.
Berdasarkan hasil implementasi dan analisis yang dilakukan, pengoptimalisasi 10 keyword
pada search engine dalam kurun waktu 6 bulan dengan minimal ranking 5, hanya berhasil untuk
8 keyword saja. Dalam pengukuran KPI semester pertama dan semester kedua, terdapat perubahan
yang sangat besar. KPI semester pertama berjumlah 33% dengan berhasil mencapai target 2 dari
13 KPI, sedangkan KPI semester kedua meraih 170% dengan berhasil mencapai target 7 dari 13
KPI. Website traffic meningkat, Terjadi lonjakan users sebesar 1224%, new users sebesar 1234%,
lonjakan sessions sebesar 1439%, penurunan bounce rate sebanyak 6, 06%, penurunan
pages/session sebanyak 0,08, penurunan average session duration sebanyak 12,16, kenaikan goal
conversion rate sebanyak 0,08%, kenaikan goal completion sebanyak 46, tidak terjadi perubahan
apapun pada goal value.
Kata Kunci: SEO, SEO On-page, SEO off-page, KPI, SERP
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SEO, SEO On-page, SEO off-page, KPI, SERP |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 07:33 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 07:33 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30707 |
Actions (login required)
View Item |