PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN ANALISIS TOTAL PERFORMANCE SCORECARD (Studi kasus di CV Dewi Makmur, Bantul, Yogyakarta)

Puruhita, Perdana Niti (2022) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN ANALISIS TOTAL PERFORMANCE SCORECARD (Studi kasus di CV Dewi Makmur, Bantul, Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. 122160057_Skripsi full.pdf] Text
1. 122160057_Skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. 122160057_Abstrak.pdf] Text
2. 122160057_Abstrak.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 3. 122160057_Cover.pdf] Text
3. 122160057_Cover.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4. 122160057_Halaman pengesahan.pdf] Text
4. 122160057_Halaman pengesahan.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of 5. 122160057_Daftar isi.pdf] Text
5. 122160057_Daftar isi.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 6. 122160057_Daftar pustaka.pdf] Text
6. 122160057_Daftar pustaka.pdf

Download (338kB)

Abstract

CV. Dewi Makmur, Bantul, Yogyakarta perkembangan dunia saat ini
menimbulkan banyak pesaing bisnis antar perusahaan. CV. Dewi Makmur
mempunyai permasalahan berupa pendapatan yang tidak stabil dikarenakan
penurunan produksi. Hal ini terbukti dari data tahun 2019 ke tahun 2020 yang
mengalami penurunan pendapatan sebesar 40%, dari rata-rata pendapatan.
Kemudian penilaian kinerja karyawan setiap departemen produksi berdasarkan
menurunnya jumlah karyawan dan hanya 1 orang pada bagian quality control (QC).
Dimana kurangan pengawasan dan juga ketelitian pada karyawan, tidak sedikit
karyawan yang melakukan kesalahan pada setiap pekerjaannya. Hal ini
mengakibatkan karyawan tidak mempunyai target kerja untuk individunya.
Penelitian ini menggunakan metode Total Performance Scorecard (TPS)
sebagai solusi dalam perbaikan sistem pengukuran kinerja perusahaan. Metode
Total Performance Scorcard membagi rencana strategis yang didasarkan tolak ukur
Personal Balanced Scorecard Owner, Personal Balanced Scorecard karyawan dan
Organizational Balanced Scorecard perusahaan. Metode tersebut bertolak ukur
perspective keuangan, perspective pelanggan, perspective bisnis internal serta
pengetahuan dan pembelajaran sebagai acuan dalam pembentukan Key
Performance Indicator (KPI) sebagai acuan pembobotan atau scoring. Hasil
dari penelitian pengukuran kinerja menggunakan metode Total Performance
Scorecard ini memperoleh hasil KPI tersusun sebanyak 96 KPI, nilai rata-rata aspek
dari keseluruhan mendapatkan nilai 3,50 dinyatakan dalam keadaan baik dengan
hasil 5 untuk perspective keuangan, 2,20 untuk perspective external, 4,36 untuk
perspective internal 4,11 dan untuk perspective pengetahuan dan pembelajaran
sebesar 4,14. Strategi perbaikan perusahaan sebaikanya bermitra atau bekerja sama
dengan CV, melakukan promisi kembali memasarkan ketempat-tempat wisata,
melakukan evaluasi dan inovasi secara berkala.
Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Personal Balanced Scorecard,
Organizational Balanced Scorecard , Total Performance Scorecard

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja, Personal Balanced Scorecard, Organizational Balanced Scorecard , Total Performance Scorecard.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:19
Last Modified: 19 Jul 2022 08:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30406

Actions (login required)

View Item View Item