STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA GEOSITE NGINGRONG DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

EFRIYANTO, OKI (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA GEOSITE NGINGRONG DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULL - OKI EFRIYANTO.pdf] Text
SKRIPSI FULL - OKI EFRIYANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL - OKI EFRIYANTO.pdf] Text
SKRIPSI FULL - OKI EFRIYANTO.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of ABSTRAK - OKI EFRIYANTO.pdf] Text
ABSTRAK - OKI EFRIYANTO.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of COVER - OKI EFRIYANTO.pdf] Text
COVER - OKI EFRIYANTO.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI - OKI EFRIYANTO.pdf] Text
DAFTAR ISI - OKI EFRIYANTO.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA - OKI EFRIYANTO.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA - OKI EFRIYANTO.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN - OKI EFRIYANTO.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN - OKI EFRIYANTO.pdf

Download (413kB)

Abstract

Geosite Ngingrong adalah kawasan lembah karst yang terletak di Geopark
Gunung Sewu dan sudah terdaftar sebagai jaringan UNESCO Global Geoparks
(UGGp) sejak tahun 2015. Kawasan ini memiliki keanekaragaman bentang alam
mulai dari lembah sedalam 150 meter, goa bawah tanah, air bawah tanah,
stalagtit dan stalagmit, dan berbagai jenis penampakan alam khas yang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pada Objek Wisata
Geosite Ngingrong dan menentukan prioritas strategi yang dapat digunakan oleh
Geosite Ngingrong. Penelitian ini menggunakan formulasi strategi manajemen
strategik yang memiliki tiga tahapan, yaitu: 1) tahap input dengan analisis matriks
EFE dan matriks IFE; 2) tahap pencocokan terdapat matriks SWOT yang
menghasilkan 7 alternatif strategi dan matriks IE yang menunjukan Geosite
Ngingrong pada kuadran I dalam kondisi tumbuh dan membangun (strategi yang
dapat diterapkan adalah strategi intensif dengan melakukan penetrasi pasar
(Market Penetration) dan pengembangan pasar (Market Development)); Tahap
ketiga adalah tahap pencocokan yang menggunakan alat analisis berupa matriks
QSPM yang menghasilkan prioritas strategi yaitu meningkatkan pemasaran
digital secara masif.
Kata kunci: Strategi pengembangan, IFE-EFE, SWOT, IE, QSPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan, IFE-EFE, SWOT, IE, QSPM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:59
Last Modified: 15 Jul 2022 05:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30384

Actions (login required)

View Item View Item