KUSWARA, ROBY (2022) PENGARUH DESTINATION IMAGE TERHADAP MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE, TOURIST SATISFACTION, DAN STORYTELLING BEHAVIOR (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung di Goa Seplawan). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak.pdf Download (76kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (99kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (43kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (43kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (95kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (359kB) |
|
Text
Skripsi_Roby Kuswara_152160059.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Destination Image
Terhadap Memorable Tourism Experience, Tourist Satisfaction, dan Storytelling
Behavior (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung di Goa Seplawan).
Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang telah berkunjung di Goa
Seplawan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatori dengan
pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini merupakan seluruh wisatawan
Goa Seplawan yang telah berkunjung minimal untuk kedua kalinya dalam kurun
waktu tiga tahun terakhir. Ukuran sampel dengan 120 responden. Teknik sampling
yang digunakan adalah nonprobability sampling. Teknik analisis menggunakan
analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS
dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa destination image berpengaruh
signifikan terhadap memorable tourism experience, destination image
berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, destination image
berpengaruh signifikan terhadap storytelling behavior, memorable tourism
experience berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, memorable
tourism experience berpengaruh signifikan terhadap storytelling behavior, tourist
satisfaction berpengaruh signifikan terhadap storytelling behavior, destination
image berpengaruh signifikan terhadap storytelling behavior melalui memorable
tourism experience, destination image berpengaruh signifikan terhadap
storytelling behavior melalui tourist satisfaction, dan memorable tourism
experience berpengaruh signifikan terhadap storytelling behavior melalui tourist
satisfaction.
Berdasarkan hasil penelitian, destinasi wisata Goa Seplawan harus
mampu membentuk citra destinasi yang semakin baik dan sesuai dengan realita
yang dimiliki agar wisatawan dapat mendapatkan pengalaman wisata yang
berkesan sehingga terpenuhinya kepuasan wisatawan terhadap destinasi wisata dan
memberikan dampak yang signifikan pada perilaku bercerita wisatawan.
Kata Kunci: Destination Image, Memorable Tourism Experience, Tourist
Satisfaction, Storytelling Behavior
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Destination Image, Memorable Tourism Experience, Tourist Satisfaction, Storytelling Behavior |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 02:20 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 02:21 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30355 |
Actions (login required)
View Item |