PENGARUH TINGKAT TERPAAN IKLAN SASA “WELCOME BACK MICIN SWAG GENERATION” PADA MEDIA SOSIAL DAN YOUTUBE TERHADAP BRAND IMAGE MSG SASA (Survei Pada Viewer Iklan Sasa di Yogyakarta)

Wicaksana, Berlian Diva (2022) PENGARUH TINGKAT TERPAAN IKLAN SASA “WELCOME BACK MICIN SWAG GENERATION” PADA MEDIA SOSIAL DAN YOUTUBE TERHADAP BRAND IMAGE MSG SASA (Survei Pada Viewer Iklan Sasa di Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf] Text
2. Cover_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf] Text
3. Abstrak_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf] Text
5. Daftar Isi_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153170078_Berlian Diva Wicaksana.pdf

Download (189kB)

Abstract

Dunia kuliner sering dikaitkan dengan aktivitas memasak hingga bumbu
makanan. Image MSG sebagai bumbu makanan sering dikaitkan dengan pengaruh
buruk pada kesehatan dan kecerdasan seseorang. Sasa sebagai salah satu produsen
MSG terkemuka di Indonesia pernah beriklan dengan judul “Welcome Back Micin
Swag Generation” memanfaatkan platform media sosial dan Youtube untuk
mengatasi brand image negatif yang muncul. Penelitian ini meneliti hubungan
antara iklan yang dilakukan pihak Sasa terhadap perubahan brand image negatif
produk MSG dengan menerapkan teori cognitive response sebagai landasan berfikir
yang digunakan. Tujuan penelitian ini, ingin mengetahui tingkat terpaan iklan Sasa
melalui sosial media dan Youtube dapat memengaruhi brand image produk MSG
Sasa. Variabel tingkat terpaan iklan diukur dengan indikator frekuensi, intensitas
dan durasi. Sedangkan variabel brand image diukur berdasarkan product attributes,
benefit, dan brand attitude. Penelitian ini menggunakan metode riset survei. Dari
data primer diperoleh 100 responden dan berdomisili di kecamatan Depok, Sleman
serta tertarik dengan food & beverages dan melihat iklan Sasa tersebut. Hasil
penelitian ini menunjukkan tingkat terpaan iklan Sasa berpengaruh positif sehingga
timbul korelasi yang berbanding lurus antara kedua variabel, tetapi pengaruh berada
pada tingkatan rendah sebesar 17,6% terhadap perubahan brand image produk
MSG Sasa dengan nilai koefisien sebesar 0,239. Sehingga tingkat terpaan iklan
tersebut tidak terjadi perubahan brand image secara maksimal.
Kata kunci : Tingkat Terpaan Iklan, Brand Image, Youtube, MSG

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Terpaan Iklan, Brand Image, Youtube, MSG
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:48
Last Modified: 04 Jul 2022 04:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30235

Actions (login required)

View Item View Item