KOMUNIKASI STRATEGIS DALAM COMMUNITY BASED TOURISM (Komunikasi Strategis Community Based Tourism dalam Pengembangan Desa Wisata Pentingsari Kabupaten Sleman)

Dewi, Marlina Mutiara (2021) KOMUNIKASI STRATEGIS DALAM COMMUNITY BASED TOURISM (Komunikasi Strategis Community Based Tourism dalam Pengembangan Desa Wisata Pentingsari Kabupaten Sleman). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER ATAU HALAMAN JUDUL.pdf] Text
COVER ATAU HALAMAN JUDUL.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of ABSTRAK BHS INDO.pdf] Text
ABSTRAK BHS INDO.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN YG SUDAH DI TTD.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN YG SUDAH DI TTD.pdf

Download (524kB)

Abstract

Pentingnya partisipasi masyarakat dalam konsep Community Based Tourism
mendorong Pokdarwis Desa Wisata Pentingsari untuk melakukan tindakan
komunikasi strategis dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi komunikasi strategis pokdarwis,
mengidentifikasi perubahan yang terjadi serta mengidentifikasi penerapan
Community Based Tourism di Desa Wisata Pentingsari. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pertama, terdapat kekurangan perencanaan komunikasi pada
implementasi komunikasi strategis pokdarwis sehingga diperlukan model
perencanaan komunikasi supaya komunikasi dapat terarah, berorientasi tujuan serta
meminimalisir tingkat kegagalan komunikasi. Kedua, Desa Wisata Pentingsari
dapat dikatakan mandiri dan berhasil dalam menerapkan konsep Community Based
Tourism namun masih perlu dilakukan program komunikasi edukasi untuk
meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat Pentingsari tentang
pemahaman Community Based Tourism. Ketiga, komunikasi strategis pokdarwis
berdampak pada perubahan kualitas partisipasi masyarakat, perubahan terhadap
aspek ekonomi, sosial, lingkungan dan budaya, serta perubahan terhadap tingkat
kunjungan wisata. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa program pelibatan
masyarakat “1 wong 1 kakao” dan mempublikasikannya melalui: (1) media sosial
seperti facebook, twitter dan Instagram (2) saluran komunikasi kelompok seperti
rapat warga dan forum komunikasi internal Desa Wisata Pentingsari (3) media luar
ruang seperti spanduk dan baliho serta (4) media format kecil seperti leaflet,
selebaran, brosur dan poster.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Strategis, Perencanaan Komunikasi, Community Based Tourism, Partisipasi, Desa Wisata
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:38
Last Modified: 21 Apr 2022 03:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29601

Actions (login required)

View Item View Item