AUDIT KOMUNIKASI PENGGUNAAN APLIKASI TELEGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL DIVISI CONSUMER EXPERIENCE

Atthaya, Chindy Rana (2022) AUDIT KOMUNIKASI PENGGUNAAN APLIKASI TELEGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL DIVISI CONSUMER EXPERIENCE. Masters thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of LEPASAN_DAFTAR_PUSTAKA.PDF] Text
LEPASAN_DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (104kB)
[thumbnail of LEPASAN_JUDUL.PDF] Text
LEPASAN_JUDUL.PDF

Download (97kB)
[thumbnail of LEPASAN_RINGKASAN.PDF] Text
LEPASAN_RINGKASAN.PDF

Download (86kB)
[thumbnail of TESIS_FULL_CHINDY_RANA_ATTH.PDF] Text
TESIS_FULL_CHINDY_RANA_ATTH.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI_CHINDY_RANA_ATTH.PDF] Text
DAFTAR_ISI_CHINDY_RANA_ATTH.PDF

Download (97kB)
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_PANITIA_P.PDF] Text
LEMBAR_PENGESAHAN_PANITIA_P.PDF

Download (100kB)

Abstract

ABSTRAK
Chindy Rana Atthaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari No 2 Tambakbayan 55281 Yogyakarta Telp (0274) 485268
Email: chindyranaa@gmail.com
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses komunikasi dan menganalisis
faktor-faktor penghambat komunikasi organisasi terhadap penggunaan aplikasi
Telegram sebagai media komunikasi internal pada divisi consumer experience. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan mix method. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model audit Profil Komunikasi
Keorganisasian Wayne Pace dan Don Faules dengan melihat delapan variabel, yaitu:
kepuasan organisasi, iklim organisasi, kualitas media, kemudahan perolehan informasi, penyebaran informasi, muatan informasi, kemurnian pesan dan budaya organisasi. Proses pengumpulan data secara kuantitatif dilakukan dengan cara menyebarkan
kuesioner kepada 28 orang karyawan dari divisi consumer experience dan
pengumpulan data secara kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap beberapa
karyawan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi yang terjadi pada divisi
consumer experience melalui aplikasi Telegram bersifat downward communication
yang dimana informasi mengalir dari atasan kepada bawahannya. Pada audit proses
komunikasi aplikasi Telegram yang dilakukan, ditemukan beberapa hambatan yang
berhubungan dengan dimensi penyebaran informasi dan dimensi kemurnian pesan di
mana karyawan merasa kurang dalam mendapatkan informasi yang berhubungan
dengan pekerjaan mereka. Rekomendasi yang dapat diberikan sehubungan dengan
hambatan yang ditemukan adalah dengan membuat saluran informasi khusus yang
digunakan untuk menyalurkan informasi-informasi yang berhubungan dengan
pekerjaan atau pun organisasi. Kata Kunci: Audit Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Internal

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Audit Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Internal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Apr 2022 01:40
Last Modified: 22 Sep 2022 04:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29515

Actions (login required)

View Item View Item