Purnamasigit, Rasid (2021) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR, DAN ADOPSI E-COMMERCE TERHADAP KINERJA UMKM. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (342kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
Abstract
Akibat adanya pandemi covid-19 masih banyak UMKM yang tidak mampu
berkembang, sehingga menyebabkan kinerja usahanya menjadi rendah. Untuk bisa
sukses sebuah bisnis harus memiliki performa bisnis yang tinggi. Kinerja bisnis
merupakan indikator keberhasilan suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar,
dan adopsi e-commerce terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif untuk mengetahui pengaruh strategi generik porter. Sampel
penelitian ini adalah UMKM pengerajin batik kayu di desa wisata krebet sejumlah
59 UMKM. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sensus. Data dianalisis
menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS versi 21. Temuan penelitian
menunjukan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan adopsi e-commerce
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM.
Kata kunci: orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, adopsi e-commerce,
kinerja perusahaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, adopsi e-commerce, kinerja perusahaan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 04:46 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 04:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29396 |
Actions (login required)
View Item |