LESTARI, VIKA (2022) PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2017-2020 Pengguna Layanan Premium Aplikasi Spotify). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK Vika Lestari 152170038.pdf Download (165kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER Vika Lestari 152170038.pdf Download (188kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI Vika Lestari 152170038.pdf Download (101kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN Vika Lestari 152170038.pdf Download (361kB) | Preview |
Text
SKRIPSI FULL Vika Lestari 152170038.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA Vika Lestari 152170038.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
x
ABSTRAKSI
Naskah Skripsi dengan judul “Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik dan
Harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas
Pelanggan (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Pengguna Layanan
Premium Aplikasi Spotify)” oleh Vika Lestari, Nomor Induk Mahasiswa
152170038, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Dosen
pembimbing I Humam Santosa Utomo dan dosen pembimbing II Didik
Indarwanta.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan
Elektronik dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya terhadap
Loyalitas Pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Administrasi
Bisnis angkatan 2017-2020 yang sedang atau pernah menggunakan layanan
premium aplikasi Spotify. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 65
responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah non probability sampling dengan jenis teknik sampling jenuh yaitu seluruh
populasi menjadi sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Metode analisis dalam
penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan
Partial Least Square (PLS).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Layanan Elektronik
(X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan (Z) dengan t-statistik
sebesar 5,468 dan nilai sig sebesar 0,000. Harga (X2) berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap Kepuasan (Z) dengan t-statistik sebesar 6,252 dan nilai sig
sebesar 0,000. Kualitas Layanan Elektronik (X1) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Loyalitas (Y) dengan t-statistik sebesar 2,247 dan nilai sig
sebesar 0,025. Harga (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
Loyalitas (Y) dengan t-statistik sebesar 3,967 dan nilai si sebesar 0,000. Kepuasan
(Z) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas (Y) dengan t�statistik sebesar 2,532 dan nilai sig sebesar 0,012. Kualitas Layanan Elektronik
(X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas (Y) melalui Kepuasan
(Z) dengan t-statistik sebesar 2,394 dan nilai sig sebesar 0,017. Harga (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas (Y) melalui Kepuasan (Z)
dengan t-statistik sebesar 2,124 dan nilai sig sebesar 0,034.
Spotify diharapkan dapat memperbaiki Kualitas Layanan Elektronik untuk
meningkatkan Kepuasan yang dapat berdampak pada Loyalitas pengguna layanan
premium dengan cara menguatkan sistem keamanan atas informasi data
pengguna, tanggap terhadap setiap keluhan, serta pemberian jaminan yang
xi
memadai apabila layanan tidak sesuai. Spotify dapat memperhatikan ulang Harga
paket yang ditawarkan untuk meningkatkan Kepuasan yang dapat berdampak
pada Loyalitas pengguna layanan premium dengan memberikan alternatif paket
dengan harga yang mudah dijangkau serta membandingkan dengan harga yang
ditawarkan oleh pesaing. Spotify juga dapat meningkatkan Kepuasan yang dapat
berdampak pada Loyalitas pengguna layanan premium dengan cara memberikan
kinerja layanan yang baik pada situsnya agar sesuai dengan harapan pengguna.
Kata kunci: Kualitas Layanan Elektronik, Harga, Kepuasan, dan Loyalitas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan Elektronik, Harga, Kepuasan, dan Loyalitas. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 02:58 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 07:47 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28954 |
Actions (login required)
View Item |