Hasanti, Rizmadini Wahyu Setya (2021) MAKNA CANTIK DALAM IKLAN URBAN DECAY COSMETICS “PRETTY DIFFERENT AND THE GLOBAL UD CITIZENS” (Analisis Semiotika Roland Barthes). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI RIZMADINI WSH 153160160.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
Text
Halaman Pengesahan Rizmadini WSH.pdf Download (380kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi (3).pdf Download (627kB) | Preview |
Preview |
Text
dafpus rizmadini.pdf Download (228kB) | Preview |
Preview |
Text
Cover Rizmadini Wahyu (1).pdf Download (326kB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak Rizmadini Wahyu.pdf Download (704kB) | Preview |
Abstract
Kecantikan pada dasarnya sudah ada sejak dulu dan identik dalam diri seorang wanita.
Berdandan pun menjadi sebuah kebiasaan yang kemudian seiring kemajuan zaman turut
berkembang. Media massa dan media sosial turut andil dalam keberlangsungan ini. Iklan
kecantikan mulai muncul, menawarkan berbagai macam produk kecantikan semacam
skincare dan makeup. Tak terkecuali brand Urban Decay Cosmetics asal California,
Amerika yang pada tahun 2019 membuat campaign “Pretty Different”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui makna cantik yang terdapat dalam iklan Urban Decay
Cosmetics. Selain itu, mengetahui mitos cantik di dalam masyarakat, berkaitan dengan
iklan Urban Decay Cosmetics. Dalam penelitian ini menggunakan teori semiotika dan
representasi serta pendekatan interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan iklan
Urban Decay “Pretty Different and The Global UD Citizens” ditemukan makna cantik yang
dibangun. Melalui beberapa brand ambassador, mereka dan brand ini menampilkan cantik
berdasarkan diri dan keunikan masing-masing. Berbeda dengan cantik secara sosial yang
digambarkan perempuan langsing, kulit putih, dan wajah tanpa jerawat. Merek ini mampu
menunjukkan bagaimana cantik itu seharusnya, yakni dengan mencintai diri sendiri
bagaimana pun keadannya, baik perempuan maupun laki-laki. Melalui teori semiotika,
ditemukan tanda terkait standar kecantikan, maskulinitas, kepercayaan diri, dan ekspresi
diri. Kecantikan itu datang dari diri sendiri, untuk diri sendiri, serta tidak harus mengikuti
standar yang ada.
Kata Kunci: Semiotika, Makna Cantik, Iklan, Representasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Makna Cantik, Iklan, Representasi |
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 07:26 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 07:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |