KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Komunikasi Pelayanan Publik Kejaksaan Negeri Sleman Dalam Mengembangkan Inovasi Layanan “Tilang”)

Astari, Devi Wening (2021) KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Komunikasi Pelayanan Publik Kejaksaan Negeri Sleman Dalam Mengembangkan Inovasi Layanan “Tilang”). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER TESIS (1).pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
Full Thesis S2 Devi Wening Astari (253180019).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN ACC SIDANG.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Full Thesis S2 Devi Wening Astari (253180019).pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Komunikasi pelayanan publik yang efektif diperlukan untuk mengoptimalkan pelayanan publik. Penelitian bertujuan menganalisis aliran pesan komunikasi, hambatan, serta media komunikasi pada optimalisasi inovasi pelayanan publik Tilang Kejaksaan Negeri Sleman. Penelitian menggunakan pendekatan Teori informasi organisasi Karl Weick. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, teknik analisis data interaktif Miles Huberman, pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas komunikasi pada optimalisasi inovasi pelayanan publik Tilang melalui komunikasi dawn ward, upward dan horisontal berjalan cukup baik dan menghasilkan inovasi baru pada pelayanan publik Tilang yaitu kerjasama dengan Kantor Pos Yogyakarta untuk pembayaran denda Tilang dan pengantaran barang bukti Tilang. Pada aktivitas komunikasi tersebut masih ditemukan hambatan berupa hambatan teknis; penguasaan metode, teknik komunikasi tidak tepat, serta kurangnya pemanfaatan sarana prasarana, kemampuan komunikasi yang berbedabeda, dan hambatan perilaku; sikap pegawai yang kurang memiliki sense of mission, egois, persepsi apriori, beberapa pegawai tidak mau berubah. Media komunukasinya antaralain: surat tertulis (nota dinas, memorandum, surat perintah), papan pengumuman, pengeras suara, media sosial, telepon kantor, handphone, media cetak; banner, poster, sticker. Kejaksaan Negeri Sleman diharapkan meningkatkan intensitas komunikasi, mengoptimalkan pemanfaatan media komunikasi internal dan eksternal, menunjuk content creator agar komunikasi pada optimalisasi inovasi pelayanan kedepannya semakin efektif. Keyword: komunikasi pelayanan publik, inovasi pelayanan publik, aliran komunikasi, hambatan komunikasi, media komuniksi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: komunikasi pelayanan publik, inovasi pelayanan publik, aliran komunikasi, hambatan komunikasi, media komuniksi
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:58
Last Modified: 17 Feb 2022 07:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28422

Actions (login required)

View Item View Item