STRATEGI BAURAN PEMASARAN SINAR ABADI BATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MATRIK INTERNAL EKSTERNAL (IE)

KHUMAIROH, ISTI STRATEGI BAURAN PEMASARAN SINAR ABADI BATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MATRIK INTERNAL EKSTERNAL (IE). Other thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of ABSTRAK ISTI KHUMAIROH AB (152160046).pdf]
Preview
Text
ABSTRAK ISTI KHUMAIROH AB (152160046).pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of COVER SKRIPSI ISTI KHUMAIROH (152160046).pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ISTI KHUMAIROH (152160046).pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI (ISTI KHUMAIROH 152160046).pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI (ISTI KHUMAIROH 152160046).pdf

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (ISTI KHUMAIROH 152160046).pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (ISTI KHUMAIROH 152160046).pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN (ISTI KHUMAIROH 152160046).pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN (ISTI KHUMAIROH 152160046).pdf

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-ISTI-KHUMAIROH-AB--152160046-.pdf] Text
SKRIPSI-ISTI-KHUMAIROH-AB--152160046-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Isti Khumairoh, Nomor Induk Mahasiswa 152160046, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian Strategi Bauran
Pemasaran Sinar Abadi Batik dengan Menggunakan Model Matrik Internal
Eksternal (IE). Pembimbing 1 Sauptika Kancana dan Pembimbing II Sadeli.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi strategi bauran
pemasaran yang tepat bagi Sinar Abadi Batik dengan menganalisis faktor-faktor
yang memengaruhi Sinar Abadi Batik, baik dari sisi dalam perusahaan atau sisi luar
perusahaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Subyek pada penelitian ini
adalah sebanyak 10 informan. Teknik analisis data dengan 3 tahapan, yaitu tahap
input menggunakan Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan Matriks Evaluasi
Faktor Eksternal (EFE), tahap pencocokan menggunakan Matriks Internal
Eksternal (IE) dan serta tahap keputusan dengan Quantitative Strategic Planning
Matrix (QSPM).
Hasil perhitungan matriks IFE memperoleh skor sebesar 3,04 dan matriks
EFE memperoleh skor sebesar 2,89. Hal ini menunjukkan bahwa Sinar Abadi Batik
pada matriks IE berada pada sel IV yaitu tumbuh dan membangun. Berdasarkan
posisi tersebut Sinar Abadi Batik memiliki alternatif strategi yaitu strategi intensif,
antara lain penetrasi pasar, pengembangan produk, pengembangan pasar, strategi
integratif, antara lain integrasi ke belakang, integrasi horisontal dan integrasi ke
depan. Hasil matriks QSPM menunjukkan total nilai ketertarikan paling tinggi
dengan skor sebesar 6,62 pada strategi penetrasi pasar.
Saran dari penelitian ini adalah Sinar Abadi Batik dapat menerapkan strategi
penetrasi pasar dalam memasarkan produk batik dengan perluasan pemasaran
melalui pengoptimalan tenaga penjualan dan promosi secara intensif agar lebih
dikenal masyarakat luas serta meningkatkan penjualan.
Kata Kunci: Strategi Bauran Pemasaran, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE,
Matriks QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks QSPM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:39
Last Modified: 06 Dec 2022 02:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28306

Actions (login required)

View Item View Item