PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK EDUKASI DAN TINGKAT PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA (Studi Korelasi Penggunaan Aplikasi TikTok Edukasi dengan Tingkat Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta)

Sinaga, Ireny Nancy Mauren (2022) PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK EDUKASI DAN TINGKAT PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA (Studi Korelasi Penggunaan Aplikasi TikTok Edukasi dengan Tingkat Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of HAL. PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

xv
ABSTRAK
Aplikasi TikTok edukasi adalah sebuah platform yang menyediakan video pendek
dengan efek dan latar belakang musik. TikTok populer di Indonesia sejak pandemi
Covid-19 yang mengharuskan mahasiswa melakukan pembelajaran jarak jauh
sehingga menggunakan TikTok sebagai salahsatu media memperoleh informasi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan aplikasi
TikTok edukasi dengan tingkat pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa
jurusan Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif jenis survei. Teori yang digunakan
adalah Uses and Gratifications Theory yaitu teori media massa yang menyoroti
hal yang dilakukan orang dengan media. Metode analisis data yang digunakan
yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji Spearman Rank (uji hipotesis).
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Statistical Product
and Service Solution versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan
positif yang signifikan antara penggunaan aplikasi TikTok edukasi dengan tingkat
pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa. Hal ini sesuai dengan perhitungan,
diperoleh nilai t(hitung)>t(tabel) yaitu 0,683>0,207 terdapat korelasi positif antara
kedua variabel terutama pada masa pendemi dengan pelaksanaan kuliah secara
online. Mahasiswa menggunakan aplikasi TikTok lebih dari 3 jam dan memilih
media yang bisa digunakan demi memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka
berdasarkan kepuasan atau motif yang diinginkan. Pada penelitian ini
menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung menggunakan Aplikasi TikTok
Edukasi untuk kebutuhan pribadi dan kurang berinteraksi dengan sesama.
KATA KUNCI : Aplikasi TikTok, Edukasi, Informasixvi
ABSTRACT
The educational TikTok app is a platform that provides short videos with effects
and background music. TikTok has been popular in Indonesia since the Covid-19
pandemic, which requires students to do distance learning so that they use TikTok
as a medium to obtain information. The purpose of this study was to determine the
relationship between the intensity of the use of the educational TikTok application
with the level of fulfillment of the information needs of students majoring in
Communication Studies at UPN "Veteran" Yogyakarta. This research uses a
survey type of quantitative research. The theory used is the Uses and
Gratifications Theory, namely the theory of mass media that highlights what
people do with the media. The data analysis methods used are normality test,
linearity test, and Spearman Rank test (hypothesis test). The data processing in
this study uses the application of Statistical Product and Service Solution version
21. The results of this study indicate a significant positive relationship between
the use of the educational TikTok application and the level of fulfillment of student
information needs. This is in accordance with the calculation, the value of
t(count)>t(table) is 0.683>0.207, there is a positive correlation between the two
variables, especially during the pandemic with the implementation of online
lectures. Students use the TikTok application for more than 3 hours and choose
the media that can be used to satisfy their needs and desires based on the desired
satisfaction or motive. This study shows that students tend to use the TikTok
Education Application for personal needs and interact less with others.
KEYWORDS : TikTok App, Education, Information

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi TikTok, Edukasi, Informasixvi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Feb 2022 08:29
Last Modified: 15 Aug 2022 03:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28224

Actions (login required)

View Item View Item