Angkasa, Yudha Wira (2022) PENGARUH TAYANGAN IKLAN TELEVISI LUWAK WHITE KOPI HITAM VERSI ARYA SALOKA, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PADA MASYARAKAT DI DESA TEGAL TIRTO, BERBAH, SLEMAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK Yudha Wira Angkasa 153140254.pdf Download (90kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI Yudha Wira Angkasa.pdf Download (22kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA Yudha Wira Angkasa.pdf Download (148kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN Yudha Wira Angkasa 153140254.pdf Download (258kB) | Preview |
Text
SKRIPSI-FULL-Yudha-Wira-Angkasa-153140254.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
i
ABSTRAK
Beriklan adalah salah satu cara untuk memasarkan sebuah produk ke khalayak
luas dengan tujuan akhir berupa penjualan. Namun beriklan tidaklah hanya
semata-mata beriklan, iklan bisa diartikan juga sebagai cara penjual untuk
berkomunikasi dengan pasar. Dari sekian banyak metode yang bisa digunakan
untuk beriklan tentu akan dipilih salah satu yang dinilai paling efektif untuk
“menyentuh” pasar. Salah satunya adalah celebrity endorsement. Penggunaan
sosok atau figur yang dikenal luas di masyarakat dalam menggawangi sebuah
produk tentu sedikit banyaknya memiliki pengaruh yang kuat bagi masyarakat.
Luwak White Koffie mendapuk Arya Saloka yang belakangan sedang naik daun
sebagai bintang iklan dan endorsement dari produk Luwak White Koffie. Tidak
dipungkiri Arya Saloka adalah sosok yang populer di mata masyarakat, namun
kaitannya dengan iklan maka penelitian ini ingin mencari tahu apakah Arya
Saloka memberikan dampak yang positif dan signifikan pada penjualan Luwak
White Koffie itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan explanatory research yang data-datanya didapat melalui kuesioner
dengan skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian penulis menemukan fakta
bahwa hipotesis yang dikemukakan benar. Tayangan iklan televisi Luwak
White Kopi Hitam versi Arya Saloka, harga, dan kualitas produk memiliki peran
yang positif dan signifikan terhadap minat beli warga desa Tegaltirto, Berbah
Sleman. Besarnya pengaruh tayangan iklan televisi Luwak White Kopi Hitam
versi Arya Saloka, harga, dan kualitas produk terhadap minat beli adalah 47,6%.
Berdasarkan hasil uji, nilai F hitung adalah 25,131 dengan tingkat signifikan
0,000. Dengan probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05, maka model persamaan
regresi dalam penelitian ini dapat menunjukkan tayangan iklan televisi Luwak
White Kopi Hitam versi Arya Saloka, harga, dan kualitas produk secara
bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli.
Kata Kunci - endorsement, iklan, analisis segresi.2
ABSTRACT
Advertising is one of ways to promote a product to the market with an objective to reach sales
in the end. But to advertise isn’t just to advertise, advertisement is also a mean for the seller to
communicate with its market. From all the methods of advertising surely the most efficient one
able to engage the market will be chosen. Such method as Celebrity Endorsement. Using a
public figure that is publicly well known to be an icon of a product surely guarantee a great
impact for the brand’s image. Luwak White Koffie appointed Arya Saloka who in recent times
is on the rise as their celebrity endorsement and starring their ads. It’s undebateable that Arya
Saloka is popular within the society, but to claim that Arya Saloka woud bring such impact to
the product is still debateable. Through this research the writer would like to find out whether
Arya Saloka really brings positive and significant impact to Luwak White Koffie Hitam itself.
This is an qualitative research with explanatory research approach with data gathered by
questionnaire using Likert’s scale. According to the result of the research the writer state that
the hypothesis were true. Arya Saloka's version of the Luwak White Kopi Hitam television
commercial, price, and product quality have a positive and significant role in the buying interest
of the residents of Tegaltirto village, Berbah Sleman. The influence of Arya Saloka's version
of the Luwak White Kopi Hitam television commercial, price, and product quality on buying
interest is 47.6%. Based on the test results, the calculated F value is 25.131 with a significant
level of 0.000. With a probability (0.000) less than 0.05, the regression equation model in this
study can show the Arya Saloka version of Arya Saloka's Luwak White Kopi Hitam television
commercial, price, and product quality have an effect on buying interest.
Keyword - endorsement, advertisement, segregation analysis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | endorsement, iklan, analisis segresi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 07:16 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 01:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28005 |
Actions (login required)
View Item |