Perumusan Strategi Bersaing Pada Perusahaan Tas Rajut Nayla Craft di Kulon Progo Menggunakan Model Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)

Martino, Rahmawati Berkah Gusti (2022) Perumusan Strategi Bersaing Pada Perusahaan Tas Rajut Nayla Craft di Kulon Progo Menggunakan Model Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA(1).pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (883kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-Rahmawati-Berkah.pdf] Text
Skripsi-Rahmawati-Berkah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati Berkah Gusti Martino, Nomor Induk Mahasiswa 152170065, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian ini adalah “Perumusan Strategi Bersaing Pada
Perusahaan Tas Rajut Nayla Craft di Kulon Progo Menggunakan Model Matriks QSPM
(Quantitative Strategic Planning Matrix).” Dosen Pembimbing satu (1) Humam Santoso
Utomo, Dosen Pembimbing dua (2) Sadeli.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi yang tepat bagi perusahaan tas
rajut Nayla Craft guna dapat memenangkan persaingan, sehingga dapat mempertahankan
eksistensinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan objek analisis penelitian
adalah perusahaan tas rajut Nayla Craft. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer
yang diperoleh dari wawancara dengan informan dan penyebaran kuesioner kepada 15 responden
karyawan perusahaan Nayla Craft. Data tersebut dinyatakan valid dan kredibel berdasarkan hasil
uji triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber. Kemudian data tersebut
dianalisis menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).
Hasil analisis matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi menambah reseller untuk
menjalin kerjasama pemasaran produk menjadi strategi prioritas bagi perusahaan Nayla Craft
karena memiliki nilai TAS (Total Attractiviness Score) yang terbesar dibandingkan strategi yang
lainnya yaitu strategi memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan citra perusahaan di
dunia maya, strategi meningkatkan serta memelihara kualitas produk dan citra perusahaan, dan
strategi menjalin hubungan baik dengan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan
Berdasarkan hasil analisis, perusahaan Nayla Craft dapat menerapkan strategi menambah
reseller untuk menjalin kerjasama pemasaran produk dengan open reseller bagi masyarakat luas.
Untuk mendukung strategi tersebut perusahaan Nayla Craft dapat menyediakan materi bagi para
reseller untuk promosi dan memberikan reward bagi reseller yang melakukan penjualan
terbanyak.
Kata Kunci: Perumusan Strategi, Strategi Bersaing, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perumusan Strategi, Strategi Bersaing, SWOT, QSPM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:42
Last Modified: 22 Nov 2022 01:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27983

Actions (login required)

View Item View Item