IMPLEMENTASI ALGORITMA ECLAT PADA BUNDLING PROMO PRODUK COFFEE BERDASARKAN POLA PEMBELIAN (Studi Kasus: Kopitu)

Demak, Moh Eka Saputra Kiay (2021) IMPLEMENTASI ALGORITMA ECLAT PADA BUNDLING PROMO PRODUK COFFEE BERDASARKAN POLA PEMBELIAN (Studi Kasus: Kopitu). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of FULL-SKRIPSI-MOH-EKA-SAPUTRA-KIAY-DEMAK-123140052.pdf] Text
FULL-SKRIPSI-MOH-EKA-SAPUTRA-KIAY-DEMAK-123140052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan: Dapat dijadikan salah satu alat atau pilihan dalam pengambilan keputusan oleh pemilik untuk meningkatkan penjualan, dapat mengatasi kekurangan dari pengimplementasian pada metode yang pernah di gunakan sebelumnya dalam pencarian item atau Itemset tersering, dapat menawarkan hasil bundling promo terbaik berdasarkan hasil perhitungan support & confident yang terbaik.
Perancangan/metode/pendekatan: Menggunakan Algoritma Eclat (Equivalence Class Transformation) dalam menentukan paket bundling produk di Coffee Shop Kopitu.
Hasil: Dari proses pengolahan dengan teknik data mining dan metode association rule yaitu bahwa kombinasi 2 menu di kopitu coffee yang dominan/sering dibeli secara bersamaan pada setiap 1 kali transaksi pada periode penjualan di bulan oktober – november 2020 adalah Ice Kopitu & Ayam Asam Manis. Dari penerapan algoritma ECLAT yaitu bahwa dengan menggunakan metode algoritma Eclat banyak menghasilkan cross item kombinasi dalam pembentukan produk menu yang terbaik dalam bundling promo. Jadi semakin tingginya nilai support dan confidence maka kombinasi kedua menu produk kopitu tersebut semakin baik untuk di bundling dengan salah satu menu yang kurang baik dalam segi penjualan.
Keaslian/ state of the art: Metode peramalan dan objek penelitian merupakan perbedaan utama antara penelitian ini
dengan penelitian sebelumnya. Pada penelitian ini data penjualan item dianalisis dan dilakukan proses impor ke database. Selanjutnya Metode eclat akan digunakan untuk mengolah output dari analisis data penjualan. Output dari Penelitian ini adalah hasil bundling produk untuk menghasilkan cross item kombinasi dalam pembentukan produk menu yang terbaik dalam bundling promo.
Kata kunci: Bundling Produk , Promo, Algoritma ECLAT, Support & Confident

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bundling Produk , Promo, Algoritma ECLAT, Support & Confident
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:01
Last Modified: 28 Sep 2022 04:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27182

Actions (login required)

View Item View Item