Asyrafi, Aqmarina Laili (2020) PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN DAN TERPAAN KONTEN SEX EDUCATION DI INSTAGRAM STORIES AKUN INEZ KRISTANTI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN FOLLOWERS. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
Cover.pdf Download (135kB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (363kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (191kB) | Preview |
Preview |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (409kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (415kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan seksual masih menjadi hal tabu di Indonesia. Padahal sex education penting untuk
diberikan sebagai bekal berperilaku seksual yang sehat dan bertanggung jawab dan upaya
melindungi diri dari berbagai bentuk pelecehan dan kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan
mengetahui tingkat pengetahuan sex education pengikut akun Instagram Inez Kristanti, psikolog
klinis yang juga seorang sex educator serta mengetahui pengaruh motif penggunaan dan terpaan
akun tersebut terhadap tingkat pengetahuan sex education pada follower-nya. Penelitian ini
menggunakan teori uses and gratifications dan konsep motif oleh Blumer, terpaan media oleh
Ardianto, dan tingkat pengetahuan oleh Notoatmodjo. Metode penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif survei. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 96 responden. Hasil
penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motif penggunaan
dan terpaan akun Instagram Inez Kristanti terhadap tingkat pengetahuan sex education bagi
pengikutnya. Kemudian secara umum pengikut akun Instagram Inez Kristanti memiliki
pengetahuan sex education di semua tingkatan—mulai dari mengetahui, memahami,
mengaplikasikan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi—namun skor tertinggi jatuh
kepada tingkat mengaplikasikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motif, terpaan media, tingkat pengetahuan, sexual education, Instagram |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Nurul Alifah Rahmawati |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 04:07 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 07:37 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26554 |
Actions (login required)
View Item |