KONSTRUKSI IDENTITAS MAHASISWA PENGGEMAR KOPI DI YOGYAKARTA (STUDI FENOMENOLOGI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA)

Apriani, Ida Nur (2020) KONSTRUKSI IDENTITAS MAHASISWA PENGGEMAR KOPI DI YOGYAKARTA (STUDI FENOMENOLOGI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Judul Skripsi.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Ringkasan (abstrak).pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Lembar Pengesahan.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
FULL SKRIPSI IDA NUR APRIANI 153160067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Budaya ngopi yang sudah ada sejak era 1800-an kini berkembang di lingkungan masyarakat urban. Berawal dari sebuah kopi instan yang kemudian beralih pada sebuah kopi hitam khas kedai kopi, muncul istilah penggemar kopi yang ditujukan bagi mereka yang menyukai minuman itu. Fenomena budaya ngopi pun berjalan mengikuti arus dan mampu mengajak mahasiswa untuk terjun ke dalamnya, tak terkecuali bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi konstruksi identitas mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2016, 2017, dan 2018 sebagai penggemar kopi. Selain itu, untuk mengetahui identitas berdasarkan kunjungan dan fenomena atas maraknya kedai kopi di Yogyakarta, maka dalam penelitian ini teori yang digunakan yaitu konstruksi identitas, fenomenologi, dan konstruksi sosial. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, sedangkan untuk metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam terhadap enam informan. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan fenomena dan pengalaman individu adanya identifikasi sebagai mahasiswa penggemar kopi. Dalam penelitian ini, terdapat identifikasi yang berkaitan citra diri, selera minuman, gaya hidup, kebiasaan, serta tempat tujuan berdasarkan kebutuhan mahasiswa. Melalui pendekatan fenomenologi, menunjukkan konstruksi identitas membentuk konstruksi sosial yang tercipta dari pengalaman individu dengan kopi. Mahasiswa dan kopi adalah sebuah realitas sosial yang harus diakui. Kata kunci: konstruksi identitas, penggemar kopi, fenomenologi, konstruksi sosi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konstruksi identitas, penggemar kopi, fenomenologi, konstruksi sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:19
Last Modified: 18 Aug 2021 08:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26539

Actions (login required)

View Item View Item