TOLERANSI BERAGAMA DI MATA @NUGARISLUCU (Analisis Tema Fantasi Kelompok @NUgarislucu Mengenai Pesan-Pesan Humor dalam Kehidupan Beragama)

Riski, Tiana (2020) TOLERANSI BERAGAMA DI MATA @NUGARISLUCU (Analisis Tema Fantasi Kelompok @NUgarislucu Mengenai Pesan-Pesan Humor dalam Kehidupan Beragama). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian Analisis Tema Fantasi tentang kehidupan beragama dalam Kelompok akun Twitter @NUgarislucu, dilatarbelakangi oleh kondisi rendahnya sikap toleransi antar golongan dan agama dalam beberapa tahun terakhir. Perdebatan karena perbedaan yang dimiliki antar golongan masih sering terjadi baik di dunia nyata maupun media sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses konvergensi dan realitas simbolik mengenai kehidupan agama yang terbentuk dalam Kelompok @NUgarislucu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan Teori Konvergensi Simbolik dan Metode Analisis Tema Fantasi dari Ernest Bormann. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan terdapat lima tema fantasi yang menyangkut kehidupan beragama dalam perbincangan Kelompok @NUgarislucu, yaitu: (1) Adem Lihat Indahnya Toleransi, (2) Semua Akan Muhammadiyah Pada Waktunya, (3) Tinggal Nunggu Syahadat Saja, (4) Kristenisasi Dengan Lagu Anak, (5) Gak Tahlilan, Gak Berkatan. Terdapat dua tipe fantasi dalam Kelompok @NUgarislucu, yaitu Sikap Toleransi Beragama dengan Lelucon dan Melestarikan Tradisi-Tradisi Keagamaan Nahdlatul Ulama. Tematema fantasi tersebut diterima dan diaktualisasikan oleh pengikut akun Twitter @NUgarislucu sebagai bentuk karakteristik retoris dari pola komunikasi yang sangat terbuka dan bisa diterima. Kata kunci: Tema Fantasi, @NUgarislucu, Toleransi, Agama

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tema Fantasi, @NUgarislucu, Toleransi, Agama
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Jun 2021 08:21
Last Modified: 24 Jun 2021 08:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26020

Actions (login required)

View Item View Item