ALTERNATIF STRATEGI PRODUK BERAS PERUSAHAAN UMUMBADAN URUSAN LOGISTIK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN(Studi pada Kantor Pusat Perum BULOG di Jakarta)

SUTRISNO, MICHAEL ALFONSUS LIQUORI SURYO (2021) ALTERNATIF STRATEGI PRODUK BERAS PERUSAHAAN UMUMBADAN URUSAN LOGISTIK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN(Studi pada Kantor Pusat Perum BULOG di Jakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka New.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini ditujukan untuk menganalisis dan mengidentifikasi kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan logistik beras, kemudian merumuskan strategi bagi perusahan logistik beras pasca terjadi perubahan mekanisme logistik beras bansos / berassejahtera (rastra) ke mekanisme bantuan pangan non tunai (BPNT). Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan metode pengumpulan data menggungakan wawancara. Responden dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari pihak internal dan ekternal yang berpengaruh dalam operasional perusahaan. Analisis lingkungan menghasilkan 31 faktor yang terbagi kedalam 9 faktor kekuatan dan 9 faktor kelemahan dalam analisis lingkungan internal; serta 5 faktor peluang dan 8 faktor ancaman dalam analisis lingkungan eksternal. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis lingkungan dan perumusan strategi. Teknik analisis perumusan strategi meliputi tiga langkah, yaitu tahap input, tahap pencocokan, dan tahap keputusan. Pada tahap input digunakan tiga alat analisis, yaitu matriks IFE, dengan skor 2,33; EFE, dengan skor 2,18; dan CPM. CPM menunjukkan bahwa Perum BULOG masih berada di bawah pesaing dengan skor 1,91. Pada tahap pencocokan digunakan tiga alat analisis, yaitu matriks SWOT, menghasilkan 8 strategi; matriks IE, berada pada kuadran V; dan matriks Grand Strategy, berada pada kuadran II. Pada tahap keputusan digunakan alat analisis QSPM dan diperoleh strategi utama Penetrasi Pasar: Membuat barcode khusus yang terintegrasi dengan e-money yang dimiliki KPM dengan total skor sebesar 7,21.Kata kunci: Strategi, perumusan strategi, logistik, logitik beras

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 Jun 2021 05:01
Last Modified: 22 Jun 2021 05:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25977

Actions (login required)

View Item View Item