PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PENERBIT BUKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM (Studi Kasus di CV Meda Sejati, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta)

Ardiyanto, Wefi (2021) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PENERBIT BUKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM (Studi Kasus di CV Meda Sejati, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

CV Meda Sejati merupakan perusahaan yang bergerak dibidang percetakan. Perusahaan ini menempatkan standar kualitas dan kecepatan kerja, serta tingkat fleksibilitas yang tinggi sebagai kekuatan utama. Perusahaan hanya mengukur hasil pengukuran kinerja dengan aspek keuangan saja. Tolak ukur pengukuran kinerja CV. Meda Sejati mengalami kesulitan dalam meningkatkan kepuasan konsumenya, seperti masih adanya jumlah keluhan mengenai pesanan tidak sesuai dengan permintaan, sulit membuat produk dengan tingkat detail yang tinggi dan harga yang relatif tinggi adalah rata-rata keluhan konsumen yang belum dapat dipenuhi oleh perusahaan sampai saat ini. Tujuan penelitian ini yaitu mengukur dan mengevaluasi pencapaian kinerja yang telah dilaksanakan pada CV Meda Sejati untuk memberikan usulan perbaikan. Metode pengukuran kinerja yang tepat adalah Perfomance Prism karena metode ini mengukur semua aspek yang berhubungan dengan stakeholder yang meliputi kepuasan maupun kontribusi dari para stakeholder tersebut yang tentunya sangat berpengaruh bagi perusahaan, sehingga dengan diterapkannya metode ini diharapkan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang akan lebih terjamin. Sistem pengukuran kinerja model Performance Prism berupaya menyempurnakan model sebelumnya, model ini tidak hanya didasari oleh strategi tetapi juga memperhatikan kepuasan dan kontribusi stakeholder, proses dan kapabilitas perusahaan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 7 KPI masih jauh dalam pencapaian target, sehingga 7 KPI ini perlu segera diperbaiki. Total pencapaian kinerja pada 2015 – 2016 sebesar 2,7335, pada periode 2016 – 2017 sebesar 4,4544 dan periode 2017- 2018 sebesar 3,4821 menunjukkan bahwa adanya peningkatan kinerja dari tahun periode pertama ke periode berikutnya namun masih belum menunjukkan pencapaian target yang maksimal pada periode terakhir. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan untuk perbaikan periode selanjutnya. Kata Kunci: Performance Prism, Pengukuran kinerja, Key Performance Indicator.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:57
Last Modified: 16 Jun 2021 03:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25881

Actions (login required)

View Item View Item