Ardiyanto, Wefi (2021) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PENERBIT BUKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM (Studi Kasus di CV Meda Sejati, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (91kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (30kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
CV Meda Sejati merupakan perusahaan yang bergerak dibidang percetakan.
Perusahaan ini menempatkan standar kualitas dan kecepatan kerja, serta tingkat
fleksibilitas yang tinggi sebagai kekuatan utama. Perusahaan hanya mengukur hasil
pengukuran kinerja dengan aspek keuangan saja. Tolak ukur pengukuran kinerja
CV. Meda Sejati mengalami kesulitan dalam meningkatkan kepuasan konsumenya,
seperti masih adanya jumlah keluhan mengenai pesanan tidak sesuai dengan
permintaan, sulit membuat produk dengan tingkat detail yang tinggi dan harga yang
relatif tinggi adalah rata-rata keluhan konsumen yang belum dapat dipenuhi oleh
perusahaan sampai saat ini.
Tujuan penelitian ini yaitu mengukur dan mengevaluasi pencapaian kinerja
yang telah dilaksanakan pada CV Meda Sejati untuk memberikan usulan perbaikan.
Metode pengukuran kinerja yang tepat adalah Perfomance Prism karena metode ini
mengukur semua aspek yang berhubungan dengan stakeholder yang meliputi
kepuasan maupun kontribusi dari para stakeholder tersebut yang tentunya sangat
berpengaruh bagi perusahaan, sehingga dengan diterapkannya metode ini
diharapkan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang akan lebih
terjamin. Sistem pengukuran kinerja model Performance Prism berupaya
menyempurnakan model sebelumnya, model ini tidak hanya didasari oleh strategi
tetapi juga memperhatikan kepuasan dan kontribusi stakeholder, proses dan
kapabilitas perusahaan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 7 KPI masih jauh dalam
pencapaian target, sehingga 7 KPI ini perlu segera diperbaiki. Total pencapaian
kinerja pada 2015 – 2016 sebesar 2,7335, pada periode 2016 – 2017 sebesar 4,4544
dan periode 2017- 2018 sebesar 3,4821 menunjukkan bahwa adanya peningkatan
kinerja dari tahun periode pertama ke periode berikutnya namun masih belum
menunjukkan pencapaian target yang maksimal pada periode terakhir. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan untuk
perbaikan periode selanjutnya.
Kata Kunci: Performance Prism, Pengukuran kinerja, Key Performance Indicator.
Item Type: | Tugas Akhir (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | x. Eprints Lama > 4 |
Depositing User: | Sarimin Sarimin |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 03:57 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 03:57 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |