ANALISIS KOMUNIKASI WORD OF MOUTH PADA BANK DIGITAL JENIUS DENGAN ELABORATION LIKELIHOOD MODEL (Studi Pada Masyarakat Berusia 20 – 30 Tahun di Yogyakarta)

Khairunisa, Ayu (2020) ANALISIS KOMUNIKASI WORD OF MOUTH PADA BANK DIGITAL JENIUS DENGAN ELABORATION LIKELIHOOD MODEL (Studi Pada Masyarakat Berusia 20 – 30 Tahun di Yogyakarta). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK - Ayu Khairunnisa.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - Ayu Khairunnisa.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI - Ayu Khairunnisa.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AYU scan pengesahan lgkp.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL - Ayu Khairunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jenius merupakan bank berbasis digital yang memungkinkan para nasabahnya melakukan segala transaksi perbankan melalui smartphone. Pada awal peluncuran Jenius di tahun 2016, Bank BTPN selaku induk dari bank digital Jenius mengaku kesulitan memasarkan Jenius ke masyarakat karena Bank BTPN tidak memasarkan Jenius dengan cara pemasaran Bank pada umumnya, melainkan memasarkannya secara digital. Cara pemasaran digital yang dilakukan Jenius kemudian menyebabkan adanya word of mouth atau perbincangan seputar Jenius di masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi word of mouth tentang Jenius yang terjadi di masyarakat. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah elaboration likelihood model (ELM), yang dapat menjelaskan bagaimana masyarakat menerima, memproses, dan mengevaluasi pesan word of mouth tentang Jenius yang mereka terima yang kemudian dapat mempengaruhi penilaian dan kognitif masyarakat terhadap Jenius. Hasil penelitian menunjukkan dalam menerima word of mouth tentang Jenius, masyarakat melakukan pemikiran melalui dua rute yang disebutkan dalam model ELM. Pemrosesan word of mouth tentang Jenius terjadi secara kritis, namun ada kalanya terjadi secara tidak kritis. Kedua cara memproses ini terjadi secara berkelanjutan, selama masih ada word of mouth yang didengar, pemrosesan akan terus terjadi, sehingga penilaian dan kognitif yang sudah terbentuk dapat berubah. Kata Kunci : Word of Mouth, Pemasaran, Jenius, Elaboration Likelihood Model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Word of Mouth, Pemasaran, Jenius, Elaboration Likelihood Model.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 May 2021 05:22
Last Modified: 04 May 2021 05:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25336

Actions (login required)

View Item View Item