REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN SHOPEE VERSI CRISTIANO RONALDO DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Menurut Roland Barthes)

Satria, Agid Bayu (2020) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN SHOPEE VERSI CRISTIANO RONALDO DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Menurut Roland Barthes). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_153160178_AGID BAYU SATRIA.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mencoba menggali tanda-tanda yang merepresentasikan maskulinitas dalam iklan Shopee 9.9 Super Shopping Day versi Cristiano Ronaldo. Penelitian ini bermula dari kemunculan iklan Shopee yang menggunakan pesepakbola terkenal untuk meraih perhatian penonton dan pengguna Shopee terutama kaum laki-laki.Hal ini karena pada penelitian sebelumnya telah ditemukan, mayoritas pengguna Shopee adalah perempuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika oleh Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis semiotika Roland Barthes dan menggunakan 4 dari 9 formula semiotika. Hasil penelitian ini adalah adanya representasi maskulinitas dalam beberapa scene pada iklan ini.Representasi maskulinitas dalam iklan Shopeeversi Cristiano Ronaldo ini menggambarkan maskulinitas seperti yang ada ditengah masyarakat sekarang yang menitik beratkan maskulinitas pada kekuatan otot, tubuh yang atletis namun dibalut dengan penampilan yang baik dan bersih serta olahraga sepakbola yang berkaitan erat dengan laki-laki dan sifat maskulin. Kata Kunci: Semiotika, Maskulinitas, Representasi, Iklan, Shopee

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Semiotika, Maskulinitas, Representasi, Iklan, Shopee.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Apr 2021 05:18
Last Modified: 12 Apr 2021 05:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25168

Actions (login required)

View Item View Item