NALISIS FRAMING TERHADAP PEMBERITAAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TERKAIT VIRUS CORONA (Covid-19) (Studi Pada Media Online Krjogja.com Periode 20 Januari – 20 Maret)

Sofyan, Muhammat Nurman (2021) NALISIS FRAMING TERHADAP PEMBERITAAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TERKAIT VIRUS CORONA (Covid-19) (Studi Pada Media Online Krjogja.com Periode 20 Januari – 20 Maret). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Virus corona menjadi sebuah penyakit yang ramai dibicarakan secara Internasional. Isu corona kemudian menjadi sebuah komoditas politik, untuk saling serang terkait dengan kebijakan pemerintah pusat dalam menangani virus corona. Media sebagai penyalur informasi memiliki peran besar dalam menciptakan realitas sosial dimasyarakat. Dalam melihat isu virus corona, media Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu sebagai penyalur informasi pendukung dari pemerintah dan media yang bersebarangan atau oposisi pemerintah. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana media KRjogja.com dalam memberitakan kebijakan pemerintah Indonesia menghadapi virus corona. Sementara teori yang digunakan untuk melihat fenomena ini antara lain, Media Pemberiaan Online, Peristiwa dan Nilai Berita, Konstruksi Realitas Media Massa, dan Analisa Framing. Peneliti menggunakan metode kualitatif, sementara pada jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah analisis framing. Peneliti menggunakan model framing Robert N Entman yaitu dengan melihat dari cara pendefinisan masalah, memperkirakan penyabab masalah, membuat keputusan masalah, dan menekankan penyelesaian masalah yang dilakukan oleh Krjogja.com. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kebijakan pemerintah dalam menghadapi virus corona, Krjogja.com lebih berpihak kepada pemerintah. Semua topik dalam isu ini, berasal dari kacamata pemerintah saja. Kondisi masyarakat sebagai penerima kebijakan sama sekali tidak digambarkan dalam setiap beritanya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Virus corona, Analisa framing, Kedaulatan Rakyat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:14
Last Modified: 04 Feb 2021 05:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24513

Actions (login required)

View Item View Item