KRITIK SOSIAL DALAM VIDEO GAME (Analisis Semiotika Representasi Kritik Sosial Dalam Video Game Persona 5)

Pascal, Muhammad Salim (2021) KRITIK SOSIAL DALAM VIDEO GAME (Analisis Semiotika Representasi Kritik Sosial Dalam Video Game Persona 5). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Video game merupakan salah satu media hiburan dan juga komunikasi baru yang dapat menjadi media untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada pemainnya. Pesan tersebut juga bisa menjadi pesan kritik sosial yang ingin disampaikan kepada para pemainnya. Salah satu video game yang mengangkat isu kritik sosial terhadap penyalahgunaan kekuasaan adalah “Persona 5” yang disutradarai oleh Katsura Hashino dan diproduksi oleh P-Studio di Jepang. Secara garis besar video game ini menceritakan tentang pemberontakan yang dilakukan oleh sekelompok remaja yang ditindas oleh para orang dewasa yang menyalahgunakan kekuasaan mereka. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Katsura Hashino merepresentasikan kritik sosial dan juga pesan yang disampaikan dalam video game-nya melalui kelompok Phantom Thieves dengan menggunakan metode analisis semiotika model Roland Barthes. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti adalah; Katsura Hashino menggunakan kerjadian, isu-isu sosial, dan juga lokasi asli dalam merepresentasikan pesan kritik sosialnya terhadap penyalahgunaan kekuasaan di dalam institusi pendidikan, seni, pemerintahan dan juga pengusaha yang mengeksploitasi para pekerjanya, lalu mereka yang menjadi korban juga bisa melawan dan merebut kembali kebebasan mereka dari para penguasa yang menyalahgunakan kekuasaanya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Video game, Semiotika, Kritik soisal
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:36
Last Modified: 21 Jan 2021 04:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24358

Actions (login required)

View Item View Item