EVALUASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PELATIHAN ECOBRICK DI PT COCA COLA BOTTLING INDONESIA CENTRAL JAVA DALAM MENGELOLA SAMPAH PLASTIK

SUTINNARTO, SUTINNARTO (2020) EVALUASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PELATIHAN ECOBRICK DI PT COCA COLA BOTTLING INDONESIA CENTRAL JAVA DALAM MENGELOLA SAMPAH PLASTIK. Masters thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HAL JUDUL COVER.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Sampah telah menjadi masalah dunia sejak dahulu. Sampah Plastik kini perhatian masyarakat global tertuju pada banyaknya sampah, terutama sampah plastik yang tersebar ke seluruh penjuru laut dan mencemari ekosistem . Indonesia merupakan negara dengan jumlah pencemaran sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia. PT. Coca Cola adalah penyumbang sampah botol plastik nomor 1 di Indonesia dan dunia. PT Coca Cola telah banyak melakukan kegiatan CSR untuk mengelola sampah botol plastik dengan visi world without waste 2030, programnya adalah Pelatihan Ecobrick, yang di berikan ke tiga sekolah binaan. Setelah melaksanakan program pelatihan Ecobrick belum terlihat dampak perubahan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Program CSR Pelatihan Ecobrick PT Coca Cola Bottling Indonesia Central Java dalam mengelola sampah plastik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan study evaluasi. Teori yang di gunakan yaitu teori perencanaan dan teori perubahan perilaku. Hasil penelitian ini bahwa CSR Pelatihan Ecobrick tidak memberi manfaat untuk masa depan. Proses perencanaan program CSR tidak mengikuti standar perencanaan pembuatan program CSR yang benar. Kesimpulan penelitian ini bahwa perencanaan Program CSR di Coca Cola belum mengikuti standar pembuatan csr yang benar, yaitu tidak melakukan riset terlebih, tidak melakukan evaluasi dan pelaporan. Penelitian ini menemukan model perencanaan program Pelatihan Ecobrick yang lebih tepat sasaran, yaitu penelitian (research), perencanaan (plan), pelaksanaan (execut)e, pengukuran/evaluasi (measure, dan pelaporan (report).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program CSR, Model Evaluasi CIPP, Perubahan Perilaku
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:22
Last Modified: 13 Jan 2021 04:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24272

Actions (login required)

View Item View Item