STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBERIAN INFORMASI KEPADA PEMUDA, PETANI, DAN MASYARAKAT UMUM STUDI KASUS DI CHANNEL YOUTUBE CAP CAPUNG

AGI, FAZRIEN APRIZQO (2020) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBERIAN INFORMASI KEPADA PEMUDA, PETANI, DAN MASYARAKAT UMUM STUDI KASUS DI CHANNEL YOUTUBE CAP CAPUNG. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Fazrien Aprizqo Agi_135130095_Abstrak Indonesia dan Inggris.pdf]
Preview
Text
Fazrien Aprizqo Agi_135130095_Abstrak Indonesia dan Inggris.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of Fazrien Aprizqo Agi_135130095_Cover.pdf]
Preview
Text
Fazrien Aprizqo Agi_135130095_Cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of Fazrien Aprizqo Agi_135130095_Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Fazrien Aprizqo Agi_135130095_Daftar Isi.pdf

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Fazrien Aprizqo Agi_135130095_Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Fazrien Aprizqo Agi_135130095_Lembar Pengesahan.pdf

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of Fazrien-Aprizqo-Agi-135130095-Full-Skripsi.pdf] Text
Fazrien-Aprizqo-Agi-135130095-Full-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengindentifikasi konten channel YouTube dalam bidang pertanian. (2) Mengkaji strategi Cap Capung dalam memberikan informasi bidang pertanian kepada pemuda, petani dan masyarakat umum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pelaksanaan studi kasus dan pengambilan informan secara purposive. Jenis data berdasarkan sifatnya dibagi menjadi dua, yaitu Kualitatif dan Kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang diperoleh akan diuji dengan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konten dalam YouTube Cap Capung terdiri dari cerita tani dan cerita bisnis. Cerita tani memberikan informasi seputar agribisnis dari hulu hingga hilir, sedangkan cerita bisnis memberikan cerita inspiratif dan cerita sukses pengusaha dari berbagai bisnis di sektor pertanian. (2) Strategi komunikasi yang diterapkan oleh Channel YouTube Cap Capung adalah menetapkan komunikator (source), yaitu orang-orang yang terjun langsung sebagai pelaku usaha di bidang pertanian, menetapkan pesan (message), dengan menghadirkan kisah inspiratif perjuangan dari narasumber, menetapkan media (channel) melakukan pemberian informasi di channel YouTube dan menentukan penerima (Receiver) dimana penerima informasi merupakan anak-anak muda.
Kata kunci: Pemuda, Petani, Masyarakat Umum, Informasi, Strategi Komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemuda, Petani, Masyarakat Umum, Informasi, Strategi Komunikasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:44
Last Modified: 24 Jan 2023 03:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24142

Actions (login required)

View Item View Item